Tanaman Suplir

Suplir merupakan tanaman semak yang kemudian dijadikan tanaman hiasa oleh para pencinta tanaman hias. tanaman ini hidupnya mengelompok dan membentuk sebuah rumpun tanaman. Keinddahan suplir terletak pada daun-daun dan batangnya yang memiliki bulu halus. Ini menjadikan suplir termasuk tanaman hias yang unik.

Tanaman suplir hidupnya di tanah, hampir semua tumbuhan paku adalah herba atau agak berkayu, akar tumbuhan paku bisa bermacam-macam pada tanaman suplir akarnya berserabut yang tumbuh dari rizoma yang pangkalnya rimpang yang berwarna coklat. Umumya tumbuhan paku tumbuhnya menjalar atau memanjat, jenis daunnya menyirip yang berfungsi menghasilkan sporangium tanaman suplir termasuk paku homospora yang menghasilkan satu jenis spora saja.

Tanaman hias suplir ini bisa ditanam didalam maupun diluar ruangan, namun tidak tahan penyinaran matahari langsung. Suplir tumbuh subur dilingkungan yang lembab serta menyukai tanah yang gembur, udara yang kering bisa menyebabkan daunya layu.

Pemeliharaan suplir sebagai tanaman hias harus diperhatikan penyiramanya, kekeringan yang dialami suplir tidak bisa diperbaiki dengan cara penyiraman, karena daun yang kering tidak bisa pulih, penangananya hanya ada satu cara yaitu dengan membuang atau memotong daun serta batangya tersebut. pemulihan dengan pemeliharan yang baik dalam beberapa hari tunas baru akan muncul.

Suplir yang ditanam pada sebuah wadah atau pot, sebaiknya jangan sering diganti karena tanaman tidak suka bergonta – ganti pot, pot yang berukuran sedang sudah cukup untuk pertumbuhan yang baik. tetapi jika tanaman itu harus diganti pot karena ingin melihat tampilan yang baru dari tanaman tersebut, hendakya tanaman tersebut jangan dicabut begitu saja, usahakan pot yang akan diganti tersebut di pecah saja atau kalau potnya itu terbuat dari plastik dibelah saja menggunakan pisau, hal demikian itu dilakukan supaya akar dari tanaman suplir tidak ada yang patah, karena kalau akarnya ada yang patah, nantinya akan mengganggu pertumbuhan tanaman suplir tidak optimal.

Tanaman ini bisa dijadikan tanaman hias indoor atau tanaman hias outdoor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *