Tanaman mint

Tanaman mint

Tanaman mint

Tanaman mint

Tanaman mint memiliki banyak jenis, setiap jenis tanaman ini memiliki karakteristik yang sama yaitu tanaman ini sangat mudah dipelihara dan dapat bertahan bertahun – tahun apabila dapat dirawat dengan benar.

tanaman mint juga sangat berguna bagi kesehatan dan kecantikan oleh karena itu banyak sekarang orang yang telah memananam tanaman ini bukan hanya sekedar menjadi penghias ruangan saja namun juga untuk diambil untuk dijadikan perawatan kecantikan.

Ada banyak jenis mint yang berkualitas baik, namun bila tujuan Anda menanam mint adalah untuk menambahkan cita rasa khas pada teh atau penggunaan mint yang lebih universal, maka pilihlah peppermint.Sedangkan spearmint dipilih apabila kebun, maupun jendela Anda mendapatkan sinar matahari di sepenjang tahun, biasanya jenis mint ini banyak ditanam di bagian selatan Amerika Serikat.

Namun bila Anda ingin menaman mint bersamaan dengan tumbuhan lainnya, maka dianjurkan untuk memilih jenis mint nanas karena mint ini memiliki akar yang jinak tidak mengambil banyak tempat tanaman lain

Menanam mint harus dengan persiapan, bagaimana bisa tanaman tumbuh subur bila Anda menanamnya dengan asal jadi. Perlu beberapa hal berikut ini sebelum memutuskan untuk menanam mint:

Membeli tunas di toko persediaan perkebunan. Tidak mudah untuk mulai menanam mint dari benih, apalagi bila Anda hanya seorang pemula, maka dari itu, beli saja tunas mint dari toko untuk ditanamkan langsung di tanah pot maupun tanah kompos. Biasanya toko perkebunan besar akan menjual beragam tanaman mint.

Mintalah potongan mint yang berasal dari tanaman dewasa, Anda bisa memintanya ke teman atau beli saja langsung di perkebunan, potong sekitar 1 sentimeter tepat di atas percabangan batang dengang gunting
tajam.

Meskipun tidak ada jaminan jika tangkai mint yang Anda tanam akan tumbuh dengan baik, namun bila Anda memiliki sisa mint yang tak terpakai, maka gunakan saja untuk mencoba menanam mint.

Letakkan tangkai dalam gelas untuk merangsang tumbuh kembang akar baru, Anda bisa menyimpan gelas tersebut pada tempat yang hangat dan terkena terik matahari. Tunggu saja sampai akar barunya tumbuh dari batang tangkai.

Akar tanaman mint dapat tumbuh menjalar hingga ke dasar pot. Anda harus menunggu hingga panjang akar putih dari tangkai mint mencapai beberapa cm baru kemudian menanamnya.

Bila media yang anda punya adalah pot, maka sediakan beberapa pot yang masih cukup baik untuk segera memulai cara menanam tumbuhan mint/mentha ini.

Anda bisa mencampurkan tanah pot dan kompos kaya nutrisi, karena tumbuhan mint memerlukan tanah yang subur untuk dapat tumbuh dengan baik.

Isi 1/3 ember dengan campuran dari pupuk kompos dan tanah pot, setelah itu tanam tangkai maupun tunas mint dalam pot, Anda bisa memangkas akarnya bila dirasa terlalu panjang saat dimasukkan dalam pot.
Tutup lubang dengan tanah atau sampai tanaman mint bisa berdiri dengan sangat baik.

Anda yang ingin menanam tumbuhan mint di kebun, namun tidak ingin sampai akar mint menjalar kemana-mana, maka tanam saja pot ke dalam tanah sampai hanya tersisa sekitar 5 sentimeter saja bagian atas dari pot yang diperbolehkan untuk muncul di permukaan tanah.

Terakhir, tancapkanlah beberapa paku kayu yang berfungsi dengan sangat baik untuk membantu proses pertumbuhan tanaman. Namun Anda dapat mencabut pakunya ketika tanaman telah tumbuh dewasa.