Tanaman Lotus

Lotus -Tanaman Lotus atau yang dikenal dengan bunga Seroja, tanaman ini merupakan salah satu tanaman hias air karena keindahan bunga dan daunnya. Sering kali orang mengartikan bunga seroja sama dengan teratai. Ternyata Bunga Lotus dan Bunga teratai dua jenis tanaman air yang berbeda walaupun sama-sama hidup di air.

Daun bunga teratai tergolong anti air namun daun lotus tidak anti air, bunga lotus memiliki tangkai yang lebih kuat dari pada bunga teratai.

Tanaman Lotus merupakan tanaman hias yang tergolong unik. Lotus hanya dapat hidup dan tumbuh di lumpur, dan lumpur merupakan tempat tumbuhnya akar-akar lotus sedangkan tangkai lotus menjulang keatas yang mana akan ditumbuhi oleh bunga lotus yang indah.

Keunikan dari tanaman ini adalah bunganya yang terbuka di pagi hari dan menutup pada malam hari. Lotus dijadikan sebagai simbol matahari,kelahiran kembali dan penciptaan di Mesir kuno karena perilku yang tidak biasa ini yang menandai awal dan akhir.

Tanaman ini banyak dan beraneka ragam jenis berbeda-beda dari bentuk daun dan bunganya. Namun yang paling sering kita temui adalah laotus pink dan lotus putih.

Tanaman Lotus selain mempunyai keindahan yang terpancar dari bunganya, ternyata Lotus juga manfaat sebagai bahan antioksidan, obat anti diabetes. Selainitu bunga lotus bisa manfaatkan sebagai tanaman hias penghias kolam, bisa dimanfaatkan sebagai makanan diman rimpangnya dapat dimakan, bijinya dapat diolah menjadi tepung untuk bahan makanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *