Tanaman Hias Sri Rezeki

Tanaman Sri Rezeki

Ciri – Ciri Tanaman Sri Rezeki

Tanaman Sri Rezeki

Tanaman Sri Rezeki biasa disebut dengan Aglaonema adalah jenis tanaman yang banyak di jadikan penghias di taman taman dan sekitar rumah, tanaman ini mempunyai keindahan pada daunnya yang memiliki warna yang beragam dan selain itu juga populer menjadi tanaman hias karena perawatannya yang terbilang mudah karena tanaman ini dapat dengan mudah beradaptasi di lingkungan yang baru sekalipun dan juga tidak perlu mendapat matahari yang terlalu sering tanaman ini tetap dapat bertahan hidup.

Tanaman Sri Rezeki ini memiliki sifat yang berbeda – beda tergantung dari mana habitat asal tanaman tersebut, namun secara umum Sri rejeki berasal dari habitat hutan tropis dengan intensitas matahari yang rendah dan memiliki kelembaban yang tinggi, tanaman ini dapat dikenali secara fisik melalui warna dan bentuk daun yang berhiaskan corak menarik, selain itu tanaman Aglaonema ini juga memiliki akar serabut.

Ciri – Ciri Tanaman Hias Sri Rejeki

Sri Rejeki memiliki daya tarik pada bagian daunnya yang kelihatan elegant, karena tidak hanya berwarna hijau saja, tanaman ini memiliki banyak warna daun seperti Merah, Putih, Merah Mudah, dan kuning dengan banyaknya variasi warna tersebut, sri rejeki juga sering disebut sebagai Ratu Daun.

  • Akar tumbuhan sri rejeki bisa menentukan kondisi tanaman yang dipelihara. Akar yang mempunyai warna putih menunjukan tanaman ini dalam keadaan baik. Sedangkan akar tanaman yang berwarna coklat menunjukan bahwa tanaman tersebut dalam keadaan sakit.
  • Batang aglaonema biasanya mempunyai diameter yang kecil yakni sekitar 1-3 cm atau bergantung dari lingkungan dan kemampuan tumbuh tanaman tersebut.
  • Daun merupakan bagian yang menjadi daya tarik utama dari tanaman sri rejeki. Sri rejeki yang hidup di alam bebas biasanya mempunyai warna daun dominan dengan corak putih. Sedangkan jenis tanaman yang sengaja dibudidayakan mempunyai warna daun dominan merah kemerahan. kuning sampai warna jingga. Bentuknya juga bervariasi dari bentuk lanset, bulat telur sampai bentuk elips.
  • Bunga pada tanaman aglaonema memiliki bentuk seperti bunga talas dan keladi yang muncul dari ketiak daun.
  • Buah tanaman sri rejeki biasanya muncul pada pangkal bunga, berbentuk tonjolan kecil. Buah tanaman ini akan matang dalam waktu 8 bulan setelah terjadi pembuahan. Bentuk buah seperti bentuk buah kopi dengan besar diameter mencapai 1 cm.

Meskipun mempunyai kandungan racun, tetapi tanaman ini tetap menjadi primadona untuk dijadikan tanaman hias. Yups, sri rejeki merupakan salah satu tanaman hias daun yang banyak digandrungi untuk memperindah lingkungan. Selain sebagai tanaman hias, ternyata sri rejeki mempunyai beberapa manfaat lain lho. Berikut beberapa manfaat sri rejeki.

Tanaman Aglaonema Sebagai Hiasan

Kalau fungsi yang satu ini sudah tidak diragukan lagi bukan? Yup, dengan bentuk dan warna daun yang beragam serta tampilan menarik membuat tanaman ini banyak digunakan sebagai tanaman hias. Selain itu tanaman sri rejeki juga tahan terhadap suhu ruangan biasa maupun ber-AC, oleh karena itu sangat cocok untuk dijadikan hiasan interior yang memikat mata.

Selain sebagai hiasan di ruangan, tanaman ini juga sangat cocok untuk mempercantik taman. Anda bisa menanam tanaman ini untuk dijadikan pembatas atau penghias suatu taman. Dengan menanamnya di sekitar batu-batu penghias akan membuat taman Anda terlihat lebih asri dan segar.

Tanaman Sri Rejeki untuk Bisnis

Keindahan tanaman ini mampu memikat hati setiap orang yang melihatnya. Dengan corak dan warnanya yang unik menjadi nilai tambah tersendiri bagi tanaman ini. Tingginya minat masyarakat akan tanaman ini untuk dijadikan koleksi dapat dijadikan sebuah peluang bisnis budidaya tanaman aglaonema,

Proses budidaya tanaman ini juga relatif lebih mudah, asalkan ditanam dengan media tanam yang tepat. baca 16 jenis media tanam untuk budidaya. Untuk menghasilkan variasi tanaman, Anda bisa mengembangbiakan dengan kawin silang sehingga akan didapat jenis tanaman baru dengan corak dan warna yang unik.

Meskipun Tanaman Sri rejeki sangat indah dipandang namun anda tetap harus berhati – hati karena tanaman ini memiliki racun melalui Getah tanaman ini, dimana mengandung kristal oksalat, kristal ini yang nantinya akan membuat iritasi kulit bahkan akan menyebabkan anda sulit bernafas dan merasakan nyeri seperti terbakar

penanganan jika terkena duri sri rejeki

Segera cuci kulit yang terkena duri dengan sabun dan air mengalir (kalau bisa) sampai bersih.
Dan mungkin akan timbul rasa perih, sakit dan rasa tidak nyaman pada kulit.
Kalau timbul gejala lebih parah segera ke dokter/rumah sakit.