Tanaman Hias Pakis Haji

Tanaman Hias Pakis Haji

Tanaman Pakis Haji

Tanaman Hias Pakis Haji (aji) banyak disebut juga dengan nama Sikas adalah kelompok tumbuhan yang termasuk dalam tanaman berbiji terbuka, Meskipun mirip dengan tumbuhan palem, pakis haji sama sekali tidak memiliki hubungan kekerabatan, kemiripan ini hanya berasal dari susunan daun nya yang tersusun secara berpasangan.

Tanaman Pakis haji memiliki jenis dan tampilan yang beragam mulai dari tinggi sampai tipis, karena keunikan ini tanaman pakis haji sering di jadikan tanaman hias.

Perawatan tanaman pakis haji terbilang cukup mudah, hanya membutuhkan pemeliharaan yang minim tanaman ini sudah dapat tumbuh dengan bagus dan besar.

Cara Memelihara Tanaman Pakis Haji

1. Pilih lokasi yang tepat

Pakis memerlukan cahaya matahari dari pembayangan dan lingkungan sekitar (lebih daripada cahaya matahari langsung). Letakkan tanaman pakis dekat dengan jendela yang menghadap ke arah utara, karena jendela yang menghadap ke timur atau barat cenderung memberikan terlalu banyak cahaya langsung. Jika tidak ada jendela yang menghadap utara maka Anda bisa meletakkannya dekat dengan jendela yang menghadap ke selatan. Letakkan tanaman agak jauh dari jendela sehingga lebih banyak menerima pengaruh cahaya tak langsung.

2. Pertahankan kelembaban di sekitar tanaman pakis

Tingkat kelembaban yang tinggi di udara merupakan kondisi sempurna yang disukai oleh tanaman pakis. Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kelembaban sebagaimana dibutuhkan tanaman pakis. Pertama, menanam pakis di dalam pot ganda atau melengkapi ruangan dengan mesin pelembab udara (humidifier). Untuk menanam pakis dengan sistem pot ganda, pilih pot ke dua berukuran lebih besar dari pot yang digunakan untuk menanam pakis. Isilah pot dengan media tanam dari spons (moss) yang sudah direndam dalam air, kemudian masukkan pot berisi pakis ke dalamnya. Tutuplah permukaan tanah pot pakis serta bagian tepi dalam pot besar dengan moss yang telah direndam, dan sirami setiap beberapa hari sekali untuk memastikannya tetap basah.

  • Jika Anda menggunakan pelembab udara (humidifier), tempatkanlah di dekat tanaman pakis untuk memberikan dampak pertùmbuhan yang terbaik.
  • Anda dapat melakukan pengembunan pertama menggunakan botol pembuat embun atau memakai air suam-suam kuku. Namun cara itu hanya perlu dilakukan setiap beberapa hari sekali karena dapat menyebabkan timbulnya bercak.

3. Jaga kestabilan temperatur

Sebagian besar tanaman pakis untuk ruang dalam merupakan spesies dari daerah tropis. Meskipun demikian tidak semuanya memerlukan cuaca tropis. Pastikan bahwa temperatur dalam rumah Anda (atau setidaknya di dalam ruang di mana pakis diletakkan) berada pada kisaran 20°C. Pakis dapat bertahan dalam suhu rendah hingga 15°C, namun pada temperatur rendah itu tanaman tidak bisa berkembang dengan baik. Apabila ragu, Anda bisa menaikkan temperaturnya.
-Pertimbangkan untuk meletakkan tanaman pakis di area kamar mandi. Di area tersebut kelembaban dan temperaturnya cenderung tinggi karena pengaruh siraman air pada saat ada aktivitas mandi.

4. Siramlah tanaman pakis secara teratur.

Tanaman pakis menyukai udara lembap dan juga tanah yang basah. Pastikan tanaman pakis dalam pot selalu basah (tapi tidak terendam). Artinya, lebih baik setiap hari Anda menyiraminya dengan sedikit air daripada dalam jumlah banyak tapi hanya sesekali.

5. Pupuklah tanaman pakis sekali sebulan

Kunjungilah pusat penjualan tanaman terdekat dan carilah pupuk tanaman rumah yang dikhususkan untuk spesies pakis; jika perlu bertanyalah pada petugas di sana untuk mendapat bantuan. Semprotkan pupuk ke tanaman pakis setiap bulan untuk memberikan nutrisi yang mungkin tidak ada dalam campuran media tanam. Untuk melakukan pemupukan, setidaknya Anda harus menunggu selama enam bulan setelah pakis ditanam dalam pot.

6. Buanglah bagian tanaman yang mati atau terserang penyakit

Meski cenderung kuat dan tidak mudah mati, tanaman pakis dalam ruang bisa juga terserang berbagai penyakit. Jika Anda mendapati tanaman pakis terkena penyakit, potonglah bagian yang rusak. Bila karena kelalaian Anda, tanaman pakis perlahan mulai mati dan pada akhirnya mati, lakukan hal yang sama yaitu membuang bagian yang rusak/mati dengan cara memotongnya. Namun bila ternyata penyakit telah menyerang seluruh bagian tanaman, cara terbaik adalah memusnahkan tanaman tersebut daripada penyakit menyebar dan menulari tanaman lain yang ada di rumah Anda.

7. Lakukan penanaman ulang setelah pakis berumur setahun atau lebih

Dalam waktu yang cukup lama, pakis jenis apa pun akan berkembang memenuhi pot. Waktu penanaman ulang untuk setiap jenis pakis berbeda-beda tergantung kondisi kesehatan tanaman. Namun, Anda mungkin perlu mengganti potnya dengan yang lebih besar paling cepat enam bulan setelah penanaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *