Tanaman Hias Krisan (Chrysanthemum)

Tanaman Hias Krisan (Chrysanthemum)

Tanaman Hias Krisan (Chrysanthemum)

Tanaman krisan (Chrysanthemum morifolium) adalah tanaman hias yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan potensial dikembangkan, krisan merupakan adalah tanaman bunga potong paling penting ketiga setelah Mawar dan Anyelir di Indonesia. tumbuhan ini sangat bergantung kepada cahaya matahari dalam pertumbuhannya.

Tanaman krisan yang tertua berasal dari dataran Cina, yang disebut sebagai Seruni atau Bunga emas. Pada abad ke-4 tanaman krisan telah dibudidayakan di Jepang dan pada tahun 797 bunga krisan dijadikan sebagai simbol kekaisaran Jepang dengan sebutan Queen of The East. Tanaman krisan dari Cina & Jepang menyebar ke kawasan Eropa & Perancis tahun 1795. Tahun 1808 Mr. Colvil dari Chelsa mengembangkan 8 varietas krisan di Inggris. Adapun jenis tanaman krisan modern diperkirakan mulai ditemukan pada abad ke-17 masuk ke Indonesia pada sekitar tahun 1800-an, yang kemudian sejak tahun 1940-an tanaman ini mulai dikembangkan secara komersial.

Selain menjadi tanaman hias yang ditaman atau ditanam dipot, tumbuhan krisan Menurut peneliti dari Urban Horticulture unit, University of technology Sydney (Ronald Wood), penelitian tentang evektivitas tanaman menyerap polutan, Krisan merupakan tanaman penyerap formaldehid dan xylene.dalam penelitian itu, Wood, berpijak pada fakta bahwa tanaman mampu mendaur ulang oksigen, sehingga Wood menduga bahwa tanaman juga mampu mengurai senyawa lain.

Tanaman hias ini bisa dikembangkan dengan cara stek atau dengan biji, namun apabila ingin membudidayakan tanaman ini sebagai salah satu sumber penghasilan, lebih baik menanamnya di dalam rumah pelindung atau rumah plastik, tujuannya agar tanaman ini tidak terkena air hujan secara lansung sebab bisa memicu serangan hama dan penyakit dan air hujan bisa membuat kerusakan fisik pada tanaman ini.

Bagi anda yang ingin memelihara tanaman hias ini agar bisa memberikan perhatian dalam perawatan sehari-hari, terutama dalam penyiraman dan pencahayaan yang sangat diperlukan untuk tumbuhan ini.
Media Tanam Krisan
– Tanah yg ideal utk tanaman krisan adalah bertekstur liat berpasir,
subur, gembur & drainasenya baik, tidak mengandung hama & penyakit.
– Derajat keasaman tanah yg baik utk pertumbuhan tanaman sekitar
5,5-6,7.
Demikian beberapa informasi mengenai bunga Krisan semoga bermanfaat bagi anda yang ingin memelihara tanama hias ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *