Tanaman hias Kembang Sepatu

Tanaman Hias Kembang Sepatu

Tanaman hias Kembang Sepatu

Tanaman Hias Kembang Sepatu
Tanaman Hias Kembang Sepatu ( Hibiscus Rosa Sinensis ) adalah tanaman yang sering ditemui saat Pelajaran IPA yang memperkenalkan bagian bagian bunga. kembang sepatu dipilih karena memiliki bagian bunga yang sempurna karena terdiri dari 5 buah kelopak yang saling berhubungan membentuk mahkota bunga dengan ditengahnya memiliki tangkai putik yang keluar dari mahkotannya, tangkai sari ini berbentuk silinder dengan dikelilingi dengan tangkai sari berbentuk obal dan serbuk sari yang bertaburan kembang sepatu bisa tumbuh sampai 2 – 5 meter dan biasa ditanam untuk dijadikan tanaman hias di pekarangan.

kembang sepatu memiliki beberapa variasi warna dengan warna yang paling banyak dijumpai adalah bunga berwarna merah, warna merah pada kembang sepatu sangat mencolok sehingga tidak jarang digunakan sebagai pewarna alami pada makanan , sedangkan di India kembang sepatu di gunakan untuk menyemir sepatu, sementara itu di jepang Okinawa, kembang sepatu biasa ditanam pada makam seseorang karena dipercaya sebagai bunga bagi kehidupan setelah mati, di Indonesia sendiri bunga kembang sepatu banyak dikeringkan untuk dibuat menjadi teh, daun kembang sepatu juga banyak di jadikan sebagai media pengobatan tradisional.

Tanaman Kembang Sepatu biasanya di tanam di pekarangan sebagai tanaman pagar, banyak orang yang tertarik untuk menanam tapi tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk merawatnya, kembang sepatu biasanya tumbuh secara liar, namun apabila anda secara sengaja ingin menanam di rumah anda, maka peluang untuk dapat tumbuh kembali sebenarnya sangat kecil terutama apabila anda mencabutnya dari tanaman liar.

oleh karena itu disarankan jika anda ingin menanam Kembang sepatu tanam dari mulai saat menjadi bibit dan agar bisa dipindahkan dengan gampang anda bisa menggunakan pot sebagai wadahnya.

jika anda ingin mengetahui cara merawat kembang sepatu secara lebih jelasnya silahkan perhatikan langkah dibawah ini.

Tentukan cuaca penanaman,

karena kembang sepatu adalah bunga liar yang dapat hidup hingga lebih dari 40 tahun lamanya, sehingga tanaman ini adalah tanaman yang kuat, namun anda juga harus mengingat bahwa tanaman ini tidak dapat ditanam didaerah yang dingin, suhu ideal agar kembang sepatu dapat tumbuh dengan baik adalah 15 – 32 C.

Media Tanam,

Media tanam dapat berupa pot yang berisi tanah dan pupuk rendah fosfor dan tinggi kalium, karena kembang sepatu sangat menyukai tanah yang asam, sehingga apabila pH tanah terlalu basah, maka anda bisa menambahkan tanah gambut yang berasal dari lumut.

Penanaman benih kembang sepatu

bisa dengan membuat lubang pada media tanam sebesar 1 – 2 cm kemudian masukkan bibit kembang sepat secara perlahan kedalam lubang yang lalu ditutupi kembali dengan tanag tipis.

Setelah penaaman anda hanya perlu merawat pada awal – awal masa pertumbuhan, perawatan kembang sepatu sangat sederhana.

Penyiraman dan pemupukan

hanya dilakukan untuk memastikan tanah anda selalui dalam keadaan lembab, setelah itu siram secara rutin tanpa membuatnya basah kuyup, tanah yang kering saat matahari terik bisa membuat kembang sepatu yang anda tanam mati perlahan sebelum menginjak dewasa.

Pengendalian hama dan gulma

hama adalah musuh utama setiap tanaman oleh karena itu jika anda menemukan bintik dari setiap daunnya maka segera menyemprot tanaman dengan insektisida, kemudian cabuti setiap rumput liar yang tumbuh disekitar nya.

Pemangkasan

dilakukan untuk menjaga agar tanaman anda tetap terlihat rapi dan tidak semrawut, selain itu pemangkasan pada ranting agar tanaman anda tetap kelihatan rapi selain itu dengan melakukan pemangkasan maka akan menambah jumlah bunga yang muncul.