Tanaman Hias Kaktus

Tanaman hias Kaktus

Kaktus - Kaktus Cantik

Tanaman hias kaktus berasal dari kata yunani yakit kaktus yang berarti tanaman berduri, linneaus yang merupakan ahli botani membuat klasifikasi tanaman dan memasukkan kaktus kedalam golongan tanaman berduri atau cactaceae, pada umumpnya tanaman ini banyak ditemukan di daerah tandus dengan jumlah curah hujan yang sedikit.

Kaktus termasuk kedalam golongan tanaman sukulen yaitu tanaman yang mampu menyimpan persediaan air di batangnya, batang tanaman kaktus mampu menampung volume air yang tidak sedikit dan memiliki bentuk yang bervariasi agar dapat bertahan di udara gurun yang gersang, kaktus memiliki metabolisme tertentu, tumbuhan ini membuka stomata di malam hari ketika cuaca dingin dibanding siang hari karena udaranya yang sangat terik, pada malam hari kaktus mengambil CO2 dari lingkungannya dan menyimpannya di vakuola untuk di gunakan saat fotosintesis saat siang hari, banyak sepsie kaktus dari yang memiliki duri yang panjang serta tajamm sampai duri yang kecil dan halus.

kaktus dengan duri kecil dan halus itu yang biasanya banyak dijadikan sebagai tanaman hias bagi sebagian orang karena bentuknya yang unik, Tanaman hias ini biasanya ditanam pada ruangan terbuka (outdoor) ataupun sebagai tanaman penghias ruangan. Karena tanaman kaktus memiliki duri yang tajam ada baiknya jika kita harus memperhatikan betul penempatan tanaman kaktus, usahakan agar jauh dari jangkauan anak-anak.

tanaman hias kaktus mini memiliki sangat banyak variasi jenis, setiap jenis memiliki keunikannya masing masing selain itu juga memiliki perbedaan bentuk yang mencolok, tanaman hias kaktus juga memiliki macam macam varian warna bunga.

1. Ball Cactus

Ball cactus yang dalam nama latinnya parodia magnifica merupakan spesies kaktus berbunga yang berasal dari Brazil bagian selatan. Tanaman kaktus ini bisa tumbuh dengan tinggi 7 – 15 cm. Bentuk kaskus ini terdiri dari banyak rusuk, berambut, dan menghasilkan bunga berwarna kuning pucat. Sesuai dengan namanya ball cactuss, tanaman ini merupakan spesies kaktus yang mempunyai bentuk menyerupai bola dengan duri disekelilingnya. Tanaman hias tumbuh secara berkelompok. Kaktus ini tidak suka terkena sinar matahari secara langsung, sehingga Anda harus menaruhnya di tempat yang teduh.

2. Melocactus

Jenis kaktus yang tumbuh didaerah panas dengan penampilan yang nyentrik.Duri-duri yang panjang tidak membuat penanamnya tertusuk karena duri itu cukup lemas begitu kita sentuh.Kecuali pada duri-duri kecil yang cukup keras. Tidak seluruh tubuh dari melocactus ini berduri, melainkan hanya pada bagian sudut-sudut yang ada diluar.

3. Kaktus Haworthia attenuata

Ini mungkin adalah kaktus terbaik yang dapat tumbuh di dalam ruangan karena memiliki toleransi yang tinggi untuk kondisi cahaya yang rendah. Haworthia adalah genus tanaman sukulen kecil yang endemik di Afrika Selatan. Jenis tanaman Kaktus Zebra ini umumnya menyerupai bentuk miniatur lidah buaya.

4. pincushion cactus

Jenis kaktus Pincushion adalah tanaman kaktus yang mempunyai duri yang halus. Kaktus ini, umumnya tumbuh dalam kelompok dan sangat minim perawatan. Pincushion cactus sendiri adalah nama umum yang diberikan kepada berbagai jenis kaktus kecil, yang memiliki bentuk menarik dan beragam. Anda dapat menemukan lebih dari 175 spesies kaktus kecil di seluruh dunia.

5. kaktus cereus tetragonus

Bentuk kaktus yang satu ini cukup unik dikarenakan bentuknya yang mirip dengan kastil yang biasa kita lihat di negeri dongeng. Ada bagian dari kaktus yang tinggi dan sebagian lagi pendek. Cereus tetragonus dapat anda gunakan sebagai tanaman pagar ataupun tanaman hias pot. Cereus tetragonus sendiri aslinya merupakan kaktus yang berasal dari Amerika, dimana tingginya bisa mencapai 6 kaki atau hampir 2 meter.

6. kaktus gymnocalycium

Gymnocalycium adalah salah satu tanaman hias dari spesies kaktus yang memiliki bunga yang indah. Anda dapat menanam mereka dalam pot kecil. Gymnocalycium atau sering disebut kaktus dagu, adalah genus kaktus dari Amerika Selatan. Kata gymnocalycium di ambil dari bahasa Yunani yang berarti kelopak telanjang, disebut kelopak telanjang karena bantalan kuncup bunga yang tidak ditumbuhi duri sama sekali.

7. Lobivia Oganmaru

Jenis tanaman hias kaktus mini yang satu ini dapat tumbuh hingga tinggi sekitar 5 cm. Bentuk Lobivia Oganmaru cukup unik, cantik, dan mempunyai warna kuning alami yang mencolok sehingga sangat cocok untuk disimpan di atas meja kerja, ruang tamu. tanaman ini sangat cocok dijadikan tanaman hias indoor atau tanaman hias outdoor.

8 Kaktus Mammillaria Elongata

M. elongata adalah kaktus asli Meksiko. Seluruh permukaan batang pada tanaman hias kaktus ini ditutupi oleh duri halus berwarna kuning dengan rapat. Terdapat duri yang berwarna merah, pada bagian ujung daunnya. Bagian batang dari kaktus ini nyaris tak terlihat dikarenakan rapatnya duri halus kaktus ini. Hal yang membuat menarik dan memikat dari kaktus ini adalah adanya bunga mungil yang berwarna putih

9. Kaktus mammillaria Elongata Var Intertexta

Dilihat sepintas, kaktus ini mirip dengan M. elongata. Namun tumbuhan hias ini mempunyai penampilan yang lebih kokoh dengan batang yang berukuran lebih besar. Batang tertutup duri kemerahan. Kaktus ini termasuk rajin berbunga dengan warna putih. Kaktus ini sangat pantas dijadikan penghias.

10 Kaktus Mammilaria Fraileana

Tanaman hias kaktus yang terakhir adalah Jenis kaktus mini yang aslinya berasal dari Meksiko. Kaktus jenis ini memiliki batang berwarna hijau dengan betuk kolmnar. Disekitar batang utama tanaman hias kaktus ini merupakan tempat tumbuhnya anak-anak kaktus sehingga kaktus ini akan tumbuh berkelompok. Seluruh bagian batangnya ditumbuhi oleh duri halus yang berwarna coklat kemerahan. Adanya bercak putih dan mekarnya bunga yang berukuran cukup besar berwarna merah dan putih pada kaktus ini, membuat penampilannya semakin mempesona.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *