September 27, 2020

Daftar Tanaman Hias

Kumpulan Informasi Mengenai Tanaman Hias yang ada di Seluruh Penjuru Dunia

Tanaman Hias Hidroponik

Tanaman Hias Hidroponik

Rumah semakin cantik dengan Tanaman Hias Hidroponik.

Tak semua orang ingin repot bercocok tanam, tapi siapa saja tentu ingin rumahnya tampak menawan. Tanaman hias hidroponik pun kini menjadi solusi untuk mereka yang ingin mempercantik rumahnya tanpa ribet. Hidroponik sendiri bukan lah nama dari tanaman hias, namun merupakan teknik bercocok tanam.

Biasanya, teknik hidroponik dilakukan untuk tanaman sayuran. Tapi, di zaman modern ini Anda juga bisa mempercantik rumahmu dengan menerapkan teknik hidroponik pada tanaman hias.

Apa sih Tanaman Hias Hidroponik itu?

Sebenarnya apa sih definisi ‘hidroponik’ itu sendiri? Praktisnya, hidroponik adalah teknik budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah dan berfokus pada pemenuhan nutrisi tanaman.

Terdengar praktis bukan? Tak hanya itu, tak perlu khawatir jika halaman rumahmu kurang luas karena tanaman hias dengan teknik hidroponik ini bisa banget dilakukan di lahan yang sempit.

8 Rekomendasi Tanaman Hias Hidroponik di Rumah

Jika kamu tertarik menanam tanaman hias dengan cara hidroponik, yuk simak 8 rekomendasi tanaman hias hidroponik di bawah ini agar rumahmu semakin cantik dan indah!

1. Bunga Matahari

Bunga yang biasa tumbuh di tahan luas ini bisa juga lho ditanam dengan sistem hidroponik! Kamu bisa menggunakan arang sekam atau pasir untuk menggantikan media tanah.

Tanamlah bunga matahari di dalam pot dan letakkan di halaman rumah. Supaya lebih hemat tempat dan tampak rapi, taruhlah bunga matahari di rak bersusun.

Tapi, kamu harus meletakkan tanaman cantik ini di luar ruangan ya! Karena seperti namanya, bunga matahari membutuhkan tempat yang penuh penyinaran matahari.

Nah, untuk merawatnya kamu cukup menyiram air dan larutan nutrisi sehari sekali. Kamu bisa melakukannya secara manual atau engan sistem tetes agar lebih praktis.

2. Keladi Red Star

Tanaman hias selanjutnya adalah keladi red star yang berasal dari keluarga keladi-keladian.

Keladi red star memiliki warna daun yang sangat menarik, yaitu merah. Bentuknya pun cantik sehingga menambah nilai estetika jika ditanam di halaman rumah.

Perawatan tanaman keladi red star uga sangat mudah, lho! Kamu cukup pastikan bahwa keladi red star berada di lokasi yang penuh sinar matahari agar tumbuh subur nan cantik.

3. Aglaonema/Sri Rejeki

Nah, pasti kamu sudah tak asing lagi, kan, dengan tanaman yang satu ini? Aglaonema, atau yang juga disebut ‘sri rejeki’ bisa kamu temui hampi di setiap rumah.

Aglaonema memiliki nilai estetika dari corak dan warna daunnya yang unik. Tak hanya cantik, tanaman hias ini juga bermanfaat sebagai pembersih udara/antipolutan yang mampu menyerap racun atau zat berbahaya.

Perawatannya juga mudah banget lho! Meskipun membutuh sinar matahari, tapi tanaman hias ini juga bisa tumbuh subur di dalam rumah.

4. Suplir

Tanaman hias satu ini juga mudah didapatkan. Suplir merupakan tanaman hias dari jenis paku-pakuan yang populer di era 1990-an.

Suplir memiliki daya tarik yang khas yang terlihat dari bentuk daun, bentuk tajuk, dan warna yang kontras antara daun dan batangnya. Tanaman hias ini juga memiliki macam jenis dan varietas.

Cara memelihara suplir pun terbilang mudah kok! Suplir tumbuh dengan baik di lingkungan yang lembab sehingga penyinaran matahari yang minim pun tak masalah.

5. Anggrek

Anggrek merupakan salah satu tanaman hias hidroponik yang bisa tumbuh dengan berbagai bahan tanam, seperti arang, sabut kelapa, kayu pakis, hingga pecahan genting.

Tanaman anggrek juga memiliki berbagai varietas yang cantik. Bahkan, beberapa di antaranya dipatok dengan harga cukup mahal karena sulit didapatkan.

Untuk cara penataannya pun bervariasi. Anggrek bisa ditanam menempel di dinding atau menggunakan pot. Kamu bisa menyusun pot menjadi berundak atau digantung agar jauh dari hama.

Nah, untuk perawatannya sendiri pun berbeda-beda setiap varietas. Berdasarkan penyinarannya, terdapat tiga jenis, yakni:

  • Harus terkena sinar matahari langsung
  • Bisa tumbuh baik di tempat yang tak tepapar sinar matahari langsung
  • Tidak bisa tumbuh baik di tempat yang terpapar sinar matahari langsung

6. Lidah buaya

Tanaman hias hidroponik selanjutnya yaitu lidah buaya atau aloe vera. Kamu bisa meletakkan tanaman ini di dalam maupun luar ruangan dengan media tanam hidrogel atau arang sekam.

Ingin tanaman lidah buaya tampak lebih estetis? Kamu bisa menanamnya dengan hidrogel dan meletakkannya di pot dari asbes atau kaca agar warna hidrogel tampak jelas nan cantik.

Untuk perawatannya tentu saja mudah. Kamu cukup menyiramnya dua kali sehari atau ketika media tanamnya sudah mulai tampak kering.

7. Sirih Gading

Tanaman hias hidroponik yang terakhir adalah sirih gading. Ciri khas nilai estetika pada tanaman ini terletak pada corak daunnya yang berwarna belang-belang hijau dan kuning.

Untuk kamu yang gak mau ribet, menanam sirih gading di rumah adalah pilihan yang tepat! Pasalnya, tanaman ini cukup bandel karena mampu tumbuh subur di berbagai media, bahkan hanya air sekalipun.

Kamu bisa meletakannya untuk mempercantik halaman rumah di luar, atau pun menjadi hiasan menawan di indoor. Perawatannya pun mudah, kamu hanya perlu menyiramnya dua hari sekali.

Tak hanya itu, tanaman hias ini juga mampu membersihkan udara dari berbagai polusi berbahaya lho!

8. Palem kuning

Palem kuning merupakan tanaman hias dari keluarga pinang-pinangan atau Arecaceae yang berasal dari Kepulauan Madagaskar di Afrika. Di habitat aslinya, palem kuning mampu tumbuh hingga 6 meter, tetapi jika di tanam di pekarangan rumah biasanya hanya dibiarkan tumbuh hingga ketinggian 3 meter.

Palem kuning termasuk tanaman hias yang mudah perawatannya sehingga cocok sebagai tanaman indoor yang ditanam dengan hidroponik.

Palem kuning sebagai contoh tanaman hias hidroponik tidak membutuhkan banyak perawatan yang rumit dan khusus di samping nilai estetikanya yang unik karena keseluruhan bagian tanamannya bisa dinikmati mulai dari bentuk hingga warna tanamannya.

Nah, itulah 8 rekomendasi tanaman hias hidroponik yang bisa mempercantik rumahmu tanpa ribet. Tanaman apa nih yang paling cocok untuk rumahmu?