Tanaman Hias Bunga melati

Tanaman Hias Bunga melati

Jenis Bunga Melati Tanaman Hias

Tanaman Hias bunga melati termasuk dalam suku melati – melatian ( Famili Oleaceae. terdapat sekitar 200 variasi melati yang tumbuh di kawasan tropis dengan suhu yang hangat seperti pada daerah Eurasia, Australia dan Oceania. Tanaman ini Banyak dikembangkan sebagai tanaman hias karena aromanya yang harum dan warnanya yang menarik.

Ada 6 Jenis Melati yang paling populer untuk ditanam dan dijadikan sebagai tanaman hias :

1, Melati Putih

Jenis melati Ini sangat banyak ditanam dan memiliki penggemar tersendiri, sebab melati ini cenderung kecil serta berbau harum, melati ini juga banyak dipakai sebagai salah satu campuran teh untuk memberikan aroma yang khas pada minuman.

melati putih tumbuh menjalar dengan pohon yang rendah sehingga membudidayakannya juga sangat mudah yaitu dengan metode tanam merunduk, melati putih biasanya mekar saat musim hujan.

2. Melati Bintang

Melati ini memiliki nama yang sama dengan bentuk kelopaknya dimana kelopaknya berbentuk agak tipis panjang sama seperti sebuah bintang dengan warna putih yang bersinar.

khusu untuk melati satu ini, biasanya hanya dipakai sebagai tanaman hias saja, dan tidak untuk di konsumsi, berbeda dengan melati putih yang memiliki batang kecil dan merunduk, melati bintang memiliki batang yang kuat dan tumbuh besar.

3. Melati Gambir

Melati gambir memiliki kelopak yang hampir mirip dengan bunga kamboja putih namun jika anda perhatikan secara seksama sebenarnya berbeda, hal itu bisa anda lihat dari pohonnya dan daunnya,

melati gambir memiliki bau yang harus serta pohon yang lebat dengan setiap pucuk tumbuh bunga yang berukuran besar, melati gambir biasanya ditanam sebagai tanaman hias untuk halaman dan taman.

4. Melati Raja

Jenis Melati satu ini adalah jenis paling besar dari jenis tanaman melati, dengan bunga yang bisa tumbuh dalam ukuran besar dan penuh dengan mahkota, oleh karena itu dinamakan dengan melati raja karena memiliki mahkota yang tumbuh banyak.

Pohon melati raja tumbuh besar dan rimbung sehingga paling cocok jika ditanam di halaman yang luas meskipun memiliki ukuran yang besar, melati raja tetap mempunyai bau harum dan memiliki warna putih yang cantik sehingga akan sangat disayangkan jika pecinta tanaman hias tidak menanam tanaman satu ini.

5. Melati Jepang

Melati jepang merupakan salah satu favorit tanaman hias, bunga dari melati jepang tergolong kecil dengan ukuran yang hampir sama dengan melati putih, perbedaannya yaitu pada melati jepang cenderung memiliki wana ungu pada kelopak bunganya.

Meski memiliki warna yang lebih cantik daripada melati putih, namun aroma wangi dari melati jepang ini tidak terlalu muncul sehingga biasanya orang yang menanam melati jepang hanya karena tertarik pada warnanya saja, biasanya tanaman jenis ini di tanam di pot atau vas bunga dan bisa diluar maupun di dalam ruangan yang memiliki cukup cahaya matahari

6. Melati Kuning

Nama melati kuning sesuai dengan warna nya yaitu berwarna kuning cerah dengan bentuk kelopak bunga yang sama dengan melati putih, sama seperti melati jepang, aroma wangi pada melati kuning tidak begitu muncul namun tetap memiliki warna yang menarik untuk di pandang, pohon ini juga dapat tumbuh dengan rimbun.

menanam melati kuning dapat dilakukan di mana saja, baik vas atau halaman yang terkena sinar matahari yang cukup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *