Tanaman Hias Bunga Mawar

cara-menanam-bunga-mawar

Tanaman Hias Bunga Mawar

cara-menanam-bunga-mawar

Menanam Tanaman Hias Mawar saat ini sudah mulai banyak di sukai, tanaman mawar ini memang sangat menarik terutama bagi kalangan remaja kerna memiliki unsur estetika yang tinggi bagi seseorang yang melihat, tanaman mawar merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki harga jual bila dibudidaya secara serius dan pembudidayaan nya juga tidak terlalu sulit.

mawar sendiri merupakan tanaman semak yang berasal dari genus Rosa yang juga sekaligus merupakan nama bunga yang dihasilkan tanaman ini, jenis dari bunga mawar di dunia terdapat lebih dari 100 jenis yang kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk, mawar umumnya merupakan tanaman berduri yang memanjat dan tingginya bisa sampai 2 sampai 5 meter, meskipun tanaman mawar dengan ketinggian sampai 5 meter jarang ditemui.

Sebagian besar dari spesies tanaman ini mempunyai daun dengan panjang dari 5 sampai 15 cm, dengan daun majemuk yang tiap tangkainya terdiri dari paling sedikit 3 sampai 5 hingga 9 sampai 13 anak daun dari daun penumpu ( Stipula ) berbetuk lonjong, pertulangannya menyirip tepi tepi beringgit, meruncing pada ujung daun dan berduir pada batang yang dekat ke tanah.

tanaman mawar bukan tanaman tropis, hanya sebagian spesies yang berdaun hijau sepanjang tahunnya yang berada di asia tenggara yang tidak merontokkan daunnya.

Mawar tumbuh biasanya di iklim sedang walaupun beberapa kultivar menggunakan metode penyambungan ( Grafting ) sehingga dapat tumbuh di daerah beriklim subtropis hingga daerah beriklim tropis,

Selain Sebagai tanaman hias bunga mawar memiliki sgudang manfaat karena merupakan sumber vitamin C, Minyak mawar merupakan salah satu minya atsirih asil penyulingan dan penguapan daun daun mahkota sehingga bisa dibuat menjadi parfum, biasanya bunga mawar juga bisa dibuat menjadi teh, jelly dan selai.

varietas-varietas mawar potong yang banyak dikenal dikalangan indonesia, yaitu :

  • Sexyred
  • voodoo
  • Queen marry
  • Avalanche
  • Universe
  • Coolwater
  • Mohana
  • Bellavita
  • Purple, dll.

Teknik Budidaya Tanaman Mawar

1. Persiapan Lahan

Persiapan lahan adalah pengolahan tanah atau mempersiapkan lahan untuk dijadikan media tanam yang baru bagi tanaman agar dapat tumbuh lebih baik dengan unsur hara yang bersedia lebih banyak.

2. Persiapan Benih

Persiapan benih/bibit adalah proses penyediaan benih untuk dijadikan bahan tanam.

3. Penanaman Benih

Penanaman adalah pemindahan benih dari polybag ke media tanam yang baru dengan tujuan untuk mengoptimalkan pertumbuhan dari tanaman tersebut. Jarak tanam yang digunakan dalam satu bedengan adalah 20×20 cm dan jarak antar bedengan diperkirakan 50 cm.

4. Pemeliharaan tanaman

  • Pengepelan
    Pengepelan adalah pembuangan daun tua bagian paling bawah tangkai yang berkisar antara 2-3 daun dari bawah.
  • Pewiwilan
    Pewiwilan adalah pembuangan bunga yang tumbuh pada bagian tangkai
  • pembendingan.
    Pembendingan adalah perundukan tangkai tanaman mawar pada tangkai yang tumbuh pada batang utama (batang okulasi), tujuannya untuk menumbuhkan tunas baru pada tangkai pembendingan.

Prospek usaha

Bidang Agribisnis

Pengembangan usaha yang dapat dilakukan berkaitan dengan usaha tani tanaman hias mawar dan tanaman mawar potong ini sebenarnya hanya dengan mencukupi pemeliharaan dan pengintensifan perlakuan (teliti, penuh ketekunan dll.), tanaman mawar sudah dapat menguntungkan berkali lipat bagi pengusahanya.
Apalgi sekarang telah ditemukan variasi mawar yang telah mengalami modifikasi baik yang disebabkan oleh alam (persilangan alami) maupun oleh campur tangan manusia (persilangan buatan) sehingga mawar searang sangat bervariasi mulai dari yang berwarna putih, merah, kuning, ungu, hijau, biru,dan yang lainnya.
Seandainya kita dapat memodifikasi sendiri dengan melakukan eksperimen-eksperimen persilangan mawar, tidak menutup kemungkinan kita dapat menyumbang spesies hayati baru tanaman hias mawar dan termasuk bunga langka. Secara otomatis hal ini dapat mebuat harga tanaman mawar yang standar menjadi lebih tinggi apalagi jika sudah diincar para kolektor tanman hias.

Bidang Agroindustri

Tanaman mawar sudah sangat menguntungkan tanpa penanganan hasil panen secara industri (langsung digunakan ketika telah dipanen), apalagi jika kita olah hasil panen tanaman ini dengan tujuan meningkatkan kualitas dan kuantitasnya menjasi lebih baik dan dapat lebih tinggi kegunaannya.