Tanaman Asoka

Tanaman Asoka

Tanaman Asoka

Pohon Asoka slah satu tanaman hias yang menurut kepercayaan agama Hindu merupakan pohon suci, tanaman ini juga digolongkan sebagai dengan cinta dan kesucian. Dalam dunia flora tanaman ini digolongkan menjadi dua jenis, yaitu Tanaman Asoka yang tumbuh menjulang tinggi tanpa ranting atau di sebut Glodokan tiang (Polyalthia Longifolia) dan asoka biasa (Polyalthia sp) yang memiliki ranting dan berdaun runcing. Tumbuhan ini sering digunakan untuk penghijauan maupun tanaman hias.

Tanaman Asoka yang paling sering kita temui adalah Asoka biasa (Polyalthia sp) yang sering di manfaatkan menjadi tanaman hias, memang tanaman ini tidak sepopuler bunga mawar, tetapi keindahan jenis bunga ini tidak akan kalah dengan kedua jenis bunga tersebut. Tanaman ini banyak dijadkan tanaman hias di taman atau pekarangan rumah, walaupun tidak mengeluarkan aroma harum seperti bunga mawar dan melati tetapi bunga ini banyak mengandung nektar. Nektar inilah yang mngandung bayak kupu-kupu untuk hinggap diatasnya, warna nunga yang cerah ditambah dengan kupu-kupu yang cantik akan memberikan pemandangan yang sangat indah.

Awalnya tanaman ini merupakan tanaman perdu yang biasa ditemui di hutan-hutan, karena bentuk bunga yang lebih beragam dan mempunyai warna bunga yang cerah membuat orang tertarik untuk menjadikan sebagai tanaman hias. Tanaman ini bisa di budidayakan secara vegetatif, setelah akarnya mulai tumbuh masukan ke media tanam dengann mencampur tanah dengan pupuk organik dengan perbandingan 1:1, sebaiknya proses penanaman dilakukan pada pagi dan sore hari disaat matahari tidak terlalu terik.

Perawatan tanaman asoka cukup mudah untuk dilakukan. Pada saat pertumbuhan awal Anda cukup melakukan penyiraman setiap pagi. Sedangkan ketika bunga sudah mulai tumbuh bisa diberikan pupuk tambahan sebulan sekali, hal ini untuk menjaga ketersediaan unsur hara pada media tanam.

Selain itu tanaman in juga mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan kita dengan memanfaatkan bunga dari tanaman tersebut, diantarnya
1. Obat Disentri
Bunga asoka yang memiliki kandungan tanin ini dipercaya dapat mengobat penyakit disentri. Caranya adalah dengan menumbuk bunganya hingga halus kemudian direbus dengan 2 gelas air. Sisakan menjadi 1 gelas, saring dan diamkan hingga dingin untuk kemudian dikonsumsi. Untuk hasil yang maksilmal setidaknya mengkonsumsi ramuan tersebut 2x dalam sehari.
2. Obat Luka Memar
Bagi Anda yang mengalami memar setelah jatuh atau terkena hantaman sesuatu, Anda dapat menggunakan bunga asoka untuk mengobatinya. Caranya adalah dengan merebus bunga asoka yang dicampur dengan bunga mawar serta umbi dari daun dewa. Campurkanlah sedikit madu agar rasanya tidak terlalu pahit ketika dikonsumsi. Gunakanlah ramuan ini setidaknya 2x dalam sehari agar hasilnya maksimal dan berhentilah mengkonsumsinya ketika hasilnya sudah baik.
3. Sebagai Antioksidan
Bunga asoka yang memiliki kandungan flavonoid dipercaya dapat dijadikan sebagai antioksidan alami. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, bunga ini dapat mencegah dari serangan kanker kandung kemih dan beberapa jenis kanker lainnya. Caranya adalah dengan merebus bunga asoka dengan 2 gelas air dan menyisakan 1 gelas saja. Konsumsilah secara rutin agar terhindar dari serangan penyakit tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *