Sirih Gading

Tanaman Hias Sirih Gading

tanaman-sirih-gading

Sirih Gading merupakan tanaman yang merambat dan biasanya ditanam sebagai penghias ruangan maupun pekarangan, tumbuhan ini merupakan anggota dari suku talas talasan (Araceae) dan mudah dikenal dari warna daunnya yang belang belang kuning warna cerah hingga pucat.

tanaman ini merambat di batang pohon edengan daun yang besar sehingga menutupi batang pohon yang dirambatnya,jadi apabila ditanam di dalam pot daunnya akan mengecil, potongan cabangnya dapat bertahan hidup cukup lama apabila bagian pangkalnya dicelupkan kedalam air.

sirih gading biasanya dikenal memiliki nama ilmiah yang berbeda beda sehingga sulit untuk di identifikasi karena banya jenis lain yang bermiripan, saat ini dimasukkan kedalam marga epipremnum, setelah sebelumnya dianggap sebagai anggota marga Scindapsus (S.Aureus) dan pernah pula dianggap sebagai anggota Marga Raphidophora 9 Sebagai R.pinnata).

Sirih gading hidup dengan media tanam air putih dan banyak digunakan sebagai dekorai ruangan dengan memotong batang sirih gading dan nantinya akan tumbuh akar sendiri.

Tanaman Sirih Gading disebut juga dengan pohon rejki (money plant) selain itu juga memiliki panggilan lain Devil’s ivy, hunter’s robe, solomon island ivy, Taro vine, ivy arum, golden pothos. tanamn ini menarik karena bisa bertahan hingga 2 minggu didalam ruangan tanpa cahaya matahari sama sekali.

rekomendasi untuk menanam tanaman ini adalah pada dataran renda – tinggi dengan suhu panas maupun dingin.

kebutuhan sinar matahari adalah partial shade atau cahaya matahari yang teduh dan jika ditanam di pot maka direkomendasikan ukuran pot berdiameter 20 – 30 cm, pemupukan tanaman ini dilakukan 30 hari sekali menggunakan pupuk NPK daun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *