Sirih Gading

Sirih Gading

Sirih Gading

Spesies ini dianggap sebagai salah satu tanaman hias populer didaerah tropis dan daerah beriklim sedang. penyebarannya dihutan tropis dan sub-tropis hampir di seluruh dunia, nama lain dari sirih gading ini sebagai sirih belanda. kenapa disebut sebagai sirih belanda karena pertumbuhannya sangat invasif dapat menutupi permukaan tanah dengan begitu cepat, selain itu di beberapa negara asia yang lain disebut sebagai Money Plant seperti di India, Nepal, dan Bangladesh, karena dipercaya bisa membawa peruntungan berupa rezeki apabila ditanam di depan tempat usaha.

Ciri-ciri sirih gading bisa tumbuh merayap setinggi 20 meter, dengan diameter batang mencapai 4 cm. Ciri daun berbentuk hati pada tanaman muda, Panjang daun bisa mencapai mencapai 100 cm dan lebar mencapai 45 cm. Sementara pada daun remaja jauh lebih kecil, biasa panjang daun dibawah 20 cm.

Tanaman ini mudah sekali ditanam, tanaman ini juga bisa ditanam dalam media air. untuk mendapat hasilnya sebagai tanaman hias yang baik berikan perbandingan kompos,pasir dan tanah 1:1:1 dan perwatan yang rutin tanaman sirih gading menjadi tanaman yang indah dipandang. Dan jangan lupa pada musim kemarau tanaman ini membutuhkan air yang sukup, namun jangan menyiram tanaman ini saat ahri panas apalagi langsung disiram kedaun nya langsung, sebab daun bisa rusak terbakar, sebaiknya siram saat hawa sejuk seperti pagi hari atau sore saat matahari sudah tidak terik.

Selain menjadi tanaman hias untuk pemanis ruangan dan taman anda, rupanya sirih gading mempunyai manfaat untuk kesehatan kita, karena tumbuhan ini rupanya bisa menyaringkan udara dengan membersihkan polutan dalam ruangan seperti senyawa Formaldehida, xilena, dan benzena. tumbuhan ini dapat mengurangi berat molekul zat pencemar dalam ruangan, sangat cocok untuk ruangan perokok. Jauhkan tanaman ini dari binatang peliharaan anda seperti anjing dan kucing karena tumbuhan mengandung racun yang bereaksi terhadap kedua binatang tersebut.

Bagi anda pencinta tanaman hias, tumbuhan Sirih Gading ini menjadi rekomendasi buat anda karena, bisa memberikan manfaat selain sebagai tanaman hias saja tapi sebagai penyaring udara sehingga kita bisa mendapatkan udara segar dari tumbuhan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *