Sirih Belanda

Sirih Belanda salah satu jenis tanaman merambat yang sangat mudah dikembangkan dengan cara di stek batang. Selain memiliki kelebihan gerakan merambat dengan cepat, warna daun kuning atau hijau kekuningan ini berfungsi sebagai salah satu tanaman antipolutan dengan kapasitas penyerapan yang besar.

Tanaman ini muncul sebagai tanaman hias karena mempu menjadi penjernih udara disekitar kita. Dengan perawatan dan penanganan yang baik menjadikan tanaman ini enak dipandang, seperti ditanam di dalam pot dan digantung atau menjadikan tanaman ini sebagai tanaman rambat yang menutupi dinding, semakin menambah asri rumah kita.

Sirih Belanda

Salah satu tanda yang paling mudah diamati pada sirih belanda yang banyak menyerap racun udara adalah adanya daun yang terlihat menua karena terlalu banyak menyerap racun dan polutan udara. Daun yang seperti ini sebaiknya segera dipangkas dan dibuang karena disamping sudah tidak efektif untuk penyerap polutan juga bisa mengurangi keindahan tanaman sirih belanda sebagai tanaman hias indoor tersebut.

Tanaman dengan ciri khas daun berbentuk hati dan tumbuh merambat, Termasuk dalam family Araceae dan Genus Scindapsus dalam divisi Magnoliophyta (tumbuhan berbunga. Tanaman Sirih Belanda termasuk jenis tanaman yang kuat di segala kondisi cuaca. Hal tersebut dikarenakan karena tanaman yang masuk dalam kelas Liliopsida (berkeping satu / monokotil) ini mampu bertahan hidup dalam kondisi lingkungan yang kurang optimal semisal musim kemarau. Jika di letakkan di dalam rumah sekalipun tanaman ini mampu hidup asal jangan lupa diberikan air.

Tanaman Sirih Belanda menjadi salah satu pilihan bagi tanaman hias dengan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.