Sejarah dan Manfaat Tanaman Hias Bunga Dahlia

Sejarah dan Manfaat Tanaman Hias Bunga Dahlia

Bunga Dahlia memiliki sifat yang berbeda dari yang bunga lainnya, tetapi bunga ini bersifat Perinial yang artinya hanya mampu berbunga saat musim panas hingga musim gugur. jika kamu ingin mengenalnya lebih jauh sebaiknya jangan beranjak dulu karena ada pembahasan penting dan tak boleh dilewatkan.

Tanaman hias yang satu ini sebenarnya bukan bunga asli Indonesia melainkan berasal dari negara Meksiko. Disana pun bunga dahlia telah diakui dan menjadi bunga nasional. Berbicara soal budidayanya, terbilang cukup sulit bila kamu kurang mengetahui teknik dasar perkembangbiakan serta pertumbuhanya.

Manfaat Bunga Dahlia:

Sebenarnya ada banyaks sekali manfaat bunga dahlia salah satunya adalah sebagai tanaman hias. Pasti kamu sudah tahu bahwa aroma warna bunga dan aromanya tentu semakin memberikan nuansa kesejukan di halaman maupun pekarangan rumahmu.

Di sisi lain, ternyata bagian bunga dahlia juga dapat diperdagangkan dan sering dipakai untuk merangkai bunga duka cita khususnya jenis dahlia kaktus. Adapun bagian umbinya bisa digunakan dalam pengawetan makanan atau pembuatan sirup. Hal itu karena ubi bunga dahlia mengandung inulin dimana fermentasi oleh enzim tertentu berubah menjadi fruktosa.

Sejarah Bunga Dahlia:

Pada tahun 1872, negara belanda telah banyak mendapatkan kiriman sekotak bunga dahlia di Meksiko. Ternyata hanya satu yang berhasil muncul bunga bewarna merah segar dengan daun runcing. Kemudian, ahli tanaman di negara tersebut akhirnya mampu mengembangbiakan Bunga Dahlia sehingga demi mengharumkan namanya disebutlah bunga Dahlia juarezill.

Inilah seluk beluk nenek moyang bunga Dahlia hibrida (persilangan) yang ada sampai sekarang. Berdasar sumber, spesies bunga dahlia telah ada lebih dari ratusan kultivas yang tersebar di belahan dunia sedangkan variasi warnanya pun sangat anggun dan mempesona serta di situlah letak daya tarik tersendiri bagi para penggemar tanaman hias ini.

Klasifikasi Tanaman Bunga Dahlia:

  • Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )
  • Super divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )
  • Divisi : Magniliopshyta ( Tumbuhan berbunga )
  • Kelas : Magnoliopsida ( berkeping dua / dikotil )
  • Sub kelas : Asterridae
  • Ordo : Asterales
  • Famili : Asteraceae
  • Genus : Dahlia
  • Spesies : Dahlia pinnata, Dahlia variabilis, Dahlia coccinea, Dahlia juarezii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *