Pistia Stratiotes

Pistia adalah genus tanaman air di keluarga arum, Araceae. Spesies tunggal yang terdiri dari, Pistia stratiotes, sering disebut kubis air, selada air, kubis Nil, atau shellflower. Distribusi aslinya tidak pasti, tetapi mungkin pantropis; pertama kali ditemukan dari sungai Nil di dekat Danau Victoria di Afrika.

Tanaman ini hampir ada di semua saluran air tawar tropis dan subtropis dan dianggap sebagai spesies invasif serta habitat berkembang biak nyamuk.

Ini adalah monocotyledon abadi dengan daun tebal dan lembut yang membentuk roset. Itu mengapung di permukaan air, akar-akarnya menggantung tenggelam di bawah daun mengambang. Daunnya bisa mencapai 14 cm dan tidak memiliki batang. Mereka berwarna hijau muda, dengan urat-urat paralel, tepi bergelombang dan ditutupi rambut pendek yang membentuk struktur seperti keranjang yang menjebak gelembung udara.

Tanaman juga bisa mengalami reproduksi aseksual. Tanaman induk dan anak dihubungkan oleh stolon pendek, membentuk tikar yang padat.

Selada air adalah salah satu tanaman air tawar air tawar paling produktif di dunia dan dianggap sebagai spesies invasif. Kadang-kadang tumbuh sebagai tanaman hias di daerah tropis dan sebagai tanaman hias akuatik dalam ruangan di daerah beriklim sedang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *