Perawatan Dan Cara Menanam Bunga Begonia

Perawatan Dan Cara Menanam Bunga Begonia

Jika anda yang sangat menyukai aneka jenis tanaman hias jenis bunga ataupun dedaunan berbeda jika anda melihat Cara Budidaya Tanaman Hias Jenis Euphorbia, pasti mengenal tanaman hias yang satu ini.

Bunga begonia merupakan salah satu jenis tanaman hias yang saat ini menjadi incaran banyak orang. Selain karena keindahannya, ternyata bunga begonia merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sangat mudah untuk ditanam dan dirawat.

Cara Menanam Bunga Begonia

Anda bisa menanamnya sendiri di rumah, dengan menanamnya sendiri di rumah anda juga bisa menjadikannya sebuah hobi. Bahkan tidak hanya sebuah hobi tetapi dengan merawat bunga begonia, ini juga merupakan salah satu kegiatan yang memiliki efek terapis sehingga dapat membuat pikiran dan hidup anda lebih tenang. Adapun cara menanam bunga begonia yang dapat kami sampaikan secara praktis dan lebih sederhana.

Persiapan Menanam Bunga Begonia

Hal pertama yang harus anda perhatikan dalam cara menanam bunga begonia adalah melakukan persiapan terlebih dahulu. Seperti yang anda ketahui walaupun cara menanam bunga begonia sangat mudah hampir sama dengan Cara Menanam Bunga Balsam, namun anda juga harus mengenali jenis bunga begonia yang akan anda tanam terlebih dahulu. Adapun langkah- langkah dalam persiapan menanam bunga begonia :

Pilihlah jenis tanaman bunga begonia yang paling anda sukai dan pelajari terlebih dahului bagaimana karakteristiknya untuk mempermudah anda dalam melakukan perawatan.

Setelah siap, perkirakan waktu yang tepat untuk menanam bunga begonia anda.

Akan lebih baik jika anda menanamnya saat musim panas ataupun pada waktu dimana kondisi cuaca yang baik dan tidak terlalu dingin.

Perlu anda ketahui juga bahwa bunga begonia tidak terlalu suka dengan cuaca yang terlalu dingin, anda bisa menanamnya di awal bulan mei.

Setelah itu persiapkanlah alat dan bahan yang akan digunakan sebagai media tanam seperti pot, tanah, pupuk, peralatan tanam, dan air.

Lokasi Tanam Bunga Begonia

Setelah persiapan selesai, selanjutnya dalam cara menanam bunga begonia yaitu menentukan lokasi yang tepat. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam memilih lokasi agar bunga begonia anda dapat tumbuh dengan baik dan berbunga di setiap musim :

Pertama pilihlah lokasi yang bebas dan bersih dari berbagai macam limbah serta bebas dari jangkauan hewan liar.

Pastikan bahwa anda memilih lokasi dimana anda ingin memperindahnya. Anda bisa memilih lokasi di halaman rumah, pekarangan, hingga ruangan yang tidak terlalu tertutup.

Dalam memilih lokasi perhatikan suhu yang ada di sekitar, untuk suhu anda bisa mencocokkan dengan suhu ruang yang tidak terlalu lembab dan selalu dalam kondisi sejuk.

Adapun suhu yang baik yaitu sekitar 230c hingga 250c, dengan penyinaran yang cukup dan tidak terlalu berlebihan.

Media Tanam Bunga Begonia

Setelah anda menemukan lokasi yang tepat, anda bisa mulai mempersiapkan media tanam.tanaman tanam bibit tersebut pada media tanam. pastikan semua akarnya tertutup dengan media tanam, perlahan-lahan padatkan tanah tersebut, lalu basahi tanaman agar tidak layu setelah ditanam.

Perawatan Bunga Begonia

Setelah anda mendapatkan bibit bunga begonia, langkah selanjutnya dalam cara menanam bunga begonia yaitu langsung menanamnya ke dalam media tanam yang telah anda siapkan.

Perlahan masukkan bibit dan tutup lubang, jangan lupa untuk sedikit memadatkan tanah adar bibit dapat berdiri dengan kokoh. Selanjutnya anda juga harus melakukan proses perawatan

Penyiraman harus dilakukan setiap hari dengan metode spray sebanyak 1 hingga 3 kali sehari.

Lakukan pembersihan area lahan dan buanglah daun- daun tanaman yang mongering sembari anda melakukan pemupukan lanjutan setiap 1 hingga 2 minggu sekali.

Lakukan proses pemangkasan pada tanaman untuk proses peremajaan tanaman bunga begonia agar keindahannya selalu terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *