Mengenal Tanaman Hias Bunga Hydrangea

Mengenal Tanaman Hias Bunga Hydrangea

Bunga Hydrangea atau Hortensia merupakan nama genus dari sekitar 70-75 spesies tanaman berbunga yang berasal dari Asia Timur dan Asia Selatan (Jepang, China, Himalaya, Indonesia), Amerika Utara dan Amerika Selatan.

Namun sebagian besar dari spesies hydrangea berasal dari Wilayah Jepang dan China.

Tanaman bunga hydrangea atau hortensia dikenal juga dengan nama bunga bokor, pecah seribu dan juga kembang seribu (Bali) atau jika dalam bahasa melayu dikenal dengan nama bunga tiga bulan.

Sedangkan dalam bahasa Jepang dikenal dengan bunga ajisai.

Di Indonesia tanaman dari jenis hydrangea macrophylla banyak dimanfaatkan sebagai tanaman bunga potong dan tanaman hias pada pekarangan rumah atau di taman-taman.

Klasifikasi Ilmiah Bunga Hydrangea

  • Kingdom : Plantae
  • Super Divisi : Spermatophyta
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Subkelas : Rosidae
  • Ordo : Rosales
  • Famili : Hydrangeaceae
  • Genus : Hydrangea

Ciri-ciri bunga Hydrangea

  • Batang

Tanaman bunga hydrangea merupakan tanaman semak tegak yang dapat tumbuh hingga ketinggian 1-3 meter. Memiliki batang yang kuat berwarna hijau ketiga muda.

  • Daun

Daun bunga hydrangea adalah daun tunggal bertangkai yang letaknya silang berhadapan. Helaian daun tanaman ini lebar dan tebal serta berbentuk bulat telur.

Pada bagian pangkal dan ujung daunnya runcing, bagian tepid au bergerigi, tulang daun menyirip dengan warna permukaan daun hijau tua dan bagian bawah daun berwarna hijau kekuningan.

  • Bunga

Bunga hydrangea berdiameter sekitar 20 cm, merupakan jenis bunga majemuk, berbentuk malai yang keluar dari ujung tangkai.

Bunga juga membentuk rangkaian yang membulat seperti sebuah sanggul.

Pada beberapa jenis spesies, malai bunga terdiri dari 2 jenis kelompok bunga yaitu kelompok bunga fertile yang terletak ditengah malay dan bunga-bunga steril berukuran lebih besar terangkai membentuk pola lingkaran.

Namun ada juga jenis spesies bunga hydrangea yang memiliki bunga yang semuanya berjenis fertile dengan bentuk yang juga sama.

Jenis bunga yang terdapat didaerah yang beriklim sejuk pada umumnya mekar di awal musim semi hingga akhir musim gugur. Pada Sebagian besar spesies bunga hydrangea memiliki warna putih, untuk sebagian jenis yang lain biasanya berwarna biru, merah, pink dan ungu.

Variasi warna ini disebabkan oleh beberapa factor seperti dipengaruhi oleh tingkat atau kadar pH tanah. Tanah yang bersifat asam akan menghasilkan bunga yang berwarna biru. Tanah yang memiliki pH normal akan menghasilkan bunga yang berwarna putih krem.

Sedangkan tanah yang memiliki kadar ph bersifat basa maka akan menghasilkan bunga yang berwarna merah jambu atau ungu. Bunga ini juga mengalami perubahan warna dalam setiap fase mekarnya, saat masih kuncup bunga akan berwarna hijau.

Bunga hydrangea atau hortensia merupakan tanaman bunga hias yang sangat popular, sangat diminati karena bentuk bunganya yang besar. Spesies dari hydrangea yang paling banyak dibudidayakan adalah Hydrangea macrophylla yang terdiri atas sekitar 600 kultivar.

Secara umum jenis bunga hydrangea macrophylla memiliki bentuk bunga yang besar tapi semuanya steril. Bunga hortensia bersifat sedikit beracun jika dimakan karena semua bagian tanaman ini mengandung senyawa glukosida sianogenik.

Meski demikian sangat jarang terjadi kasus keracunan karena tanaman ini tidak kelihatan enak untuk dimakan. Selain banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias dipekarangan, di Bali tanaman ini dimanfaatkan untuk keperluan sarana upacara keagamaan yang disebut banten.

Daun dan akar bunga hydrangea bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat herbal. Khasiatnya antara lain adalah sebagai anti radang dan antimalaria.

  • Mengobati Eksema.

Bunga dari tanaman hydrangea direbus, air rebusannya ini dapat digunakan untuk mencuci eksema (kurap) pada kantung buah zakar

  • Mengobati Malaria.

Untuk mengobati malaria, rebus bunga bokor dan daun murbei masing-masing sebanyak 9 gram dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas

  • Sakit Tenggorokan.

Sedangkan untuk sakit tenggorokan, ambil dan cuci akar segar bunga hydrangea, lalu potong-potong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *