Mengenal Tanaman Hias Bunga Daffodil

Mengenal Tanaman Hias Bunga Daffodil

Bunga Daffodil merupakan Tumbuhan dengan bunga atraktif yang hidup di daerah beriklim sedang dan subtropis. Karena keindahan bunganya, beberapa jenisnya dikembangkan menjadi tanaman hias yang berbunga pada musim semi.

Tumbuhan ini berasal dari Eropa, Afrika Utara, dan Asia. Terdapat juga beberapa spesies narsis yang berbunga pada musim gugur. Meskipun Hortus Third menyebut 26 spesies liar, namun Daffodils for North American Gardens menyebut antara 50 dan 100, tidak termasuk varian-varian spesies dan hibrida liar. Melalui penyelidikan taksonomi dan genetika, diperkirakan bahwa jumlah spesies ini akan terus berubah.

Pada umumnya sebutan Bunga Jonguil, khusus di wilayah Amerika Utara, yakni bunga yang memiliki keunikan dari bentuknya yang mirip seperti terompet berukuran kecil yang ada di bagian tengahnya dikelilingi oleh sebanyak 6 daun. Warna bunga daffodil sendiri kebanyakan berwarna kuning, namun ada pula yang warnanya merah muda, oranye, krim dan putih. Tanaman daffodil memiliki ketinggian sekitar 60 cm.

Nama bunga daffodil sendiri terkadang disebut dengan panggilan bunga nasional wales yang merupakan sejenis bunga yang mudah ditanam. Namun perlu diingat, bahwa semua jenis bunga narcissus tersebut mengandung sejumlah racun.

Bahkan, ada sebuah kisah dimana beberapa murid di negara Inggris jatuh sakit seusai mencampurkan tanaman yang satu ini pada sop mereka ketika sedang melakukan praktek pelajaran memasak. Bahkan bunga daffodil bila dikonsumsi dengan jumlah banyak dapat mengakibatkan kematian. Arti bunga daffodil sendiri melambangkan bunga kelahiran.

bunga daffodil juga merupakan sebuah bunga yang khas bagi seseorang yang lahir di bulan Maret serta mempunyai arti yakni lahir kembali, penghargaan dan kehormatan. Bunga daffodil juga bisa dijadikan sebagai lambang cinta kasih seseorang kepada orang yang dicintainya. Di negeri China sendiri, arti bunga daffodil ini memiliki arti yang begitu penting, yakni mempunyai simbol kekayaan dan keberuntungan.

Hal tersebut dikarenakan bunga yang satu ini tumbuh dengan baik di awal tahun, tak jarang bunga daffodil dijadikan sebagai sebuah simbol untuk merayakan tahun baru China atau Imlek. Bahkan menurut orang China sendiri, bila bunga daffodil mulai tumbuh ketika tahun baru Imlek diyakini memberikan sebuah keberuntungan yang ekstra untuk pemiliknya. Di samping itu, bunga daffodil juga sebagai jenis bunga yang memiliki ciri khas aroma wangi.

Bunga daffodil disebut juga sebagai bakung dengan warna kuning merupakan sejenis tanaman keluarga Amarylis. Terdapat sebanyak 26-60 jenis berbeda dari jenis bunga bakung yang liar. Dimana mereka merupakan penduduk asli dari Eropa, bagian Asia barat, Mediterania dan Afrika Utara. Bakung atau daffodil tumbuh di hutan maupun padang rumput. Banyak orang gemar membudidayakan bunga ini sebab morfologi hias dari bunga bakung itu sendiri.

Tanaman ini tergolong serbaguna karena semua bagian dapat digunakan sebagai penyembuh atau pengobatan tertentu.

Bunga serta daun hingga tunasnya, dapat menjadi racikan yang sempurna bagi Anda yang memiliki penyakit pernafasan. Bagi Anda yang memiliki sakit asma, batuk, dan tentunya pilek, Anda dapat menggunakan ramuan dari bagian tertentu yang ada di bunga tersebut.

Selain itu apabila Anda mengalami luka bakar, otot tertarik, atau bahkan nyeri pada daerah sendi, Anda dapat melilitkan kain yang sebelumnya telah diolesi oleh ramuan dari tanaman tersebut. Cara penggunaan kain sama seperti saat Anda meletakkan plester pada luka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *