Mengenal Tanaman hias Bunga bougenville

Mengenal Tanaman hias Bunga bougenville

Bunga Bugenvil atau bougenville disebut juga bunga kertas, termasuk bunga yang cukup populer dan mudah perawatannya. Di musim panas sekalipun, bunga ini dapat bertahan, bahkan seringkali berbunga indah ditengah cuaca terik. Uniknya, saat berbunga, tanaman ini justru merontokkan daun-daunnya sehingga seluruh batang akan penuh dengan kuntum bunga.

Nama bunga kertas berasal dari kuntum bunga bugenvil yang tipis seperti kertas. Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan ini sangat cocok untuk ditanam di daerah tropis seperti Indonesia.

Tidak mengherankan jika tanaman hias ini banyak menghiasi taman-taman rumah. Bunga ini juga banyak dijadikan sebagai tanaman bonsai. Bukan hanya itu, bunga bugenvil banyak ditanam di pinggir-pinggir jalan.

Banyak orang yang menyukai bunga ini. Karena itu hampir setiap toko tanaman hias selalu jual bunga bugenvil atau bunga kertas ini. Di beberapa negara, selain sebagai tanaman hias, kuntum bunganya digunakan untuk beberapa keperluan, seperti sebagai hiasan rambut dan untuk spa. Di India dan Cina, bunga kertas juga digunakan dalam ritual pemakaman.

Media tanam bugenvil

Bunga bougenville sangat menyukai media tanam yang sedikit berpasir. Media semacam ini akan bersifat porous, yaitu banyak rongga/pori-pori di dalamnya sehingga mudah dilewati air dan udara. Media pasir ini sebaiknya diletakkan di baian bawah, sepertiga bagian dari tinggi pot. Selanjutnya bagian atas beri media campuran pasir, tanah dan kompos dengan perbandingan sama banyak. Isi pot dengan media tanam, namun jangan sampai penuh/peres.

Bibit tanaman bugenvil

Untuk menanam bunga kertas ini, cara yang paling mudah adalah dengan stek batang. Pilih batang yang telah cukup tua, kemudian potong serong pada bagian bawah dengan panjang kurang lebih 30 cm. Tanam stek batang ini dengan kedalaman yang cukup dan dalam posisi yang stabil, kemudian siram dengan air secukupnya.

Waktu penanaman sebaiknya pada sore hari untuk memperbesar kemungkinan tumbuh. Letakkan pada tempat yang teduh agar tumbuh tunas baru. Apabila telah cukup banyak tunas yang tumbuh,pidahkan tanaman ke tempat terbuka, yang terkena sinar matahari langsung. Dibawah sinar matahari langsung, bunga bugenvil dapat tumbuh dengan subur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *