Mengenal Tanaman hias Bunga Aster

Mengenal Tanaman hias Bunga Aster

Bunga Aster Tanaman hias bunga Aster atau sering disebut sebagai bunga Garbera, Karena bentuk bunga dan ukuran bunga serupa denagn bunga Garbera, namun bunga ini berasal dari bahasa inggris kuno daegesege, yang artinya Matahari.

Garbera atau Herbras adalah tanaman hias yang termasuk dalam keluarga Asteraceae. Herbras merupakan tanaman semak yang hidup bertahun-tahun (perenial), daunnya berbentuk memanjang, berwarna hijau dengan pinggiran daun bergerigi besar.  Jika di indonesia bunga ini dikenal dengan bunga Aster, Aster yang berasal dari bahasa yunani yang bearti bintang berdasarkan dari bentuk bunganya.

Gerbera diambil dari nama Traugott Gerber seorang dokter Jerman yang merupakan teman Carolus Linnaeus. Nama spesies Gerbera jamesonii (Barberton daisy) diambil dari nama kolektor tanaman bernama Robert Jameson yang menemukan tanaman ini di provinsi Transvaal, Afrika Selatan.

Herbras terdiri dari sekitar 2.000 kultivar dengan bunga yang mempunyai bentuk beraneka ragam dan ukuran diameter antara 5–12 cm. Bunga Herbras memiliki bongkol (capitulum) besar yang merupakan pokok dari 2 lapis rangkaian daun mahkota (disebut ray floret) berbentuk panjang yang berwarna-warni menarik: oranye, kuning, merah jambu, merah, putih, pink salmon, dan ungu.

Cara Menanam Tanaman Hias Bunga Aster:
menanam Bunga Aster dapat dilakukan dari biji, benih dan bagian mahkota yang di tancapkan. Melalui bijinya merupakan hal yang cukup mudah untuk dilakukan saat menanam bunga Aster. Dengan Biji metoda termurah tetapi harus cepat di tanam setelah anda membelinya karena biji akan kehilangan kemampuannya berkembang apabila sudah terbentuk bukaan. Menanam dari benih kecil atau bagian tanaman nya yang ditanam kembali lebih mudah.

Tanaman hias garbera sangat baik ditanam di bawah sinar matahari penuh dan tanah yang berpasir, sedikit pupuk kompos ditambahkan akan dapat membuat tanaman ini berbunga lebih baik. Masalah mahkota bunganya yang membusuk sangat lazim ditemukan pada bunga aster ini.

Biasanya disebabkan karena penanaman yang terlalu dalam, mahkota bunga seharusnya terlihat di atas tanah dan harus bisa kering pada setiap penyiraman. Jika anda tinggal di tempat yang curah hujannya tinggi dan bertanah basah maka sebaiknya anda menanam garbera di dalam pot.

Tanaman hias bunga Aster sangat rentan terhadap jamur, pastinya tanaman anda ditempat yang terkena cukup sinar matahari, ingatlah untuk menyiramnya pada pagi hari sehingga aster akan mongering di siang hari untuk mencegah tanaman berjamur dan busuk. Sirkulasi udara yang baik dapat membantu menghindari bercak pada daun untuk mencegah penyebarannya.

Tanaman ini biasa ditemukan di taman outdoor, menumbuhkan nya di dalam rumah agak sedikit sulit dan membutuhkan pengetahuan extra. Untuk rahasianya kombinasi antara cahaya matahari yang interaksi melalui suhu pada rara-rata tidak terlalu panas.

Cahaya matahari pagi ialah yang paling pas untuk tanaman hias garbera, tapi pastikan lindungi tanaman anda dari sinar matahari siang. Aster dapat bertahan di temperatur dingin dibawah 21 derajat celsius, temperatur diatas itu akan membunuh tanaman anda. Apabila anda menyimpan pot tanaman di tempat yang tidak terkena langsung sinar matahari pastikan anda harus menyalakan lampu sepanjang waktu agar tanaman mendapat asupan suplement cahaya.

Sirami tanaman anda setelah dirasa tanah atasnya benar-benar kering bila anda sentuh. Jangan siram terlalu banyak karena aster dapat mudah busuk. Siram dengan hati-hati, usahakan daun nya tidak terkena air sama sekali.

Singkirkan bunga yang sudah layu untuk merangsang agar tumbuh bunga yang lebih mekar, serta potonglah daun-daun mati secepat anda bisa. Apabila anda merawat dengan benar, tanaman ini bisa hidup dan mekar selama bertahun-tahun.

Sebagian besar kultivar Herbras yang diperdagangkan sekarang ini merupakan hasil persilangan dari keturunan dua spesies Gerbera jamesonii dan Gerbera viridifolia. Herbras merupakan tanaman hias yang banyak ditanam di taman atau di pot.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *