Mengenal Tanaman Agave

Mengenal Tanaman Agave

Agave – Tanaman Agave adalah salah satu tanaman hias yang tidak perlu membutuhkan air yang banyak, untuk kondisi tertentu kadang ditemukan bunganya dibantu oleh serangga atau hewan terbang yang lain seperti kelelawar kecil di meksiko yang membantu penyerbukan. Agave memiliki beberapa jenis bahkan beberapa jenis dijadikan sebagai bahan pembuat tequila (Agave Tequilana). Jenis yang lain adalah Agave Mahkota memiliki nama latin bernama Agave desmettiana Variegata atau sering disebut dengan Variegated Smooth Agave yang merupakan varietas agave dengan bentuk daun tegak lurus melengkung pada bagian ujung, serta memiliki simetris roset dengan tingkat kerapihan tinggi. Daunnya berwarna hijau terang dengan warna kuning di sepanjang lis pinggirannya. Tanaman Ini juga memiliki kecepatan pengadaptasian tumbuh yang sangat cepat meskipun ditanam di bawah sinar matahari penuh serta memiliki tingkat Toleran kekeringan tinggi, sebab mampu tumbuh dengan baik meskipun asupan air yang diberikan minim. Namun tanaman ini kurang menyukai dingin alias salju. Tanaman ini merupakan tanaman tropis hingga subtropis.

Kingdom: Plantae
Divisi: Angiospermae
Kelas: Monokotil
Ordo: Asparagales
Famili: Asparagaceae
Subfamili: Agavoideae
Genus: Agave
Spesies: Agave desmettiana Variegata

Bila ingin menanam tanaman jenis ini tidaklah terlalu membutuhkan perhatian khusus. Karena tanaman ini tanaman yang tidak terlalau membutuhkan perawatan.

– Cocok untuk iklim dataran rendah maupun dataran tinggi
– Bisa di tanam : Pot maupun di area taman
– Kebutuhan Sinar matahari : Sepanjang hari
– Penyiraman : Sehari 1 kali
– Pemupukan : Sebulan 1 kali dengan Pupuk NPK Daun
– Media tanam : tanah biasa atau tanah humus atau tanah berpasir

Selain sebagai tanaman hias, agave seperti disebutkan diatas mampu menghasilkan tequila melalui proses fermentasi. Di dalam tanaman ini juga dihasilkan ethanol yang mampu menjadi bahan bakar alternatif selain bahan bakar bumi. Getah tanaman ini dapat dijadikan obat diuretika dan obat cuci perut, selain itu tanaman ini juga dipercaya dapat mengobati hepatitis, asam lambung dan disentri. Demikian penjabaran singkat tentang tanaman Agave, semoga dapat membantu anda memutuskan dalam mengambil sebuah keputusan untuk menanam atau menghijaukan perkarangan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *