Manfaat Bungan Allamnda

Manfaat Bungan Allamnda

Bunga alamanda adalah bunga yang indah dan cantik. Bunga alamanda ini mudah kita jumpai di sekitar kita seperti di pekarangan dan halaman depan rumah. Nama latin bunga alamanda adalah Allamanda Cathartica L. Sedangkan dalam bahasa inggris tanaman alamanda memiliki nama Golden Trumpet dan Common Allamanda.

Bunga alamanda menurut sejarah berasal dari daerah Amerika Tengah dan Selatan. Bunga alamanda memiliki ciri bunga yang berwarna kuning dengan lima kelopak bunga. Bunga alamanda ini bunganya mirip dengan bunga adenium atau kamboja.

Manfaat Bungan Allamanda sebagai berikut:

+ Menyembuhkan Penyakit Hati

Kandungan flavonoida yang terdapat dalam buah alamanda dipercaya efektif dalam mengobati dan proses penyembuhan penyakit kuning atau liver.

+ Membantu Menurunkan Demam

Demam adalah sautu kondisi dimana tubuh kita terasa panas tapi juga merasakan dingin secara bersamaan. Salah satu cara untuk menurunkan suhu tubuh yang sedang demam adalah menggunakan daun alamanda. Caranya dengan merebus daun alamnda secukupnya lalu masukan air rebusan di dalam baskom. Gunakanlah uapan tersebut untuk menguapi tubuh yang demam.

+ Mempercantik Interior

Di Indonesia bunga alamanda dikenal sebagai salah satu tanaman berbunga yang cukup menarik untuk dirawat. Kita bisa memasukannya ke dalam vas dan meletakkannya di ruang tamu. Hal tersebut akan mempercantik interior desain ruang tamu kita.

Aktif membunuh bakteri

Pada tanaman alamanda terdapat getah yang berguna untuk membunuh bakteri. Kandunga anti bacterial yang terkandung didalamnya dipercaya mampu meminimalisir terkena bakteri yang memicu penyakit. Namun, jangan lakukan hal ini tanpa pengawasan ahli. Kenapa? Karena dalam beberapa kasus, getah alamanda dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

+ Mengobati Penyakit Kulit

Selain bunga dan buah, ternyata daun alamanda pun cukup berguna dalam mengobati penyakit kulit. Sebut saja bisul, abses, eskim, serta kurap dan kudisan. Hal ini disebabkan karena adanya zat antibakteri yang dipercaya ampuh dalam membunuh kuman dan bakteri jahat penyebab penyakit kulit tersebut.

+ Obat Pencahir Alami

Bunga alamanda memiliki rasa yang pahit dan sedikit pedas dipercaya mampu memicu Anda untuk memuntahkan segala yang ada di dalam perut. Agar tubuh tetap terlihat langsing. Namun, ini bukanlah satu-satunya cara yang bisa digunakan. Masih banyak obat herbal lain yang man dan nyaman untuk membuat tubuh kita tetap ideal.

+ Obat Sembelit

Selain sebagai obat pencahar, ternyata daun Alamanda juga dipercaya ampuh untuk mengatasi dan melancarkan gangguan pencernaan. Satu diantaranya yang biasa kita alami adalah sembelit. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menyeduh daun alamanda dengan air hangat secukupnya. Diamkan beberapa saat, daun alamanda pun bisa diminum

Klasifikasi Bunga Allamanda:

Kingdom : Plantae (Tumbuhan)

Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)

Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)

Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)

Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)

Sub Kelas : Asteridae

Ordo : Gentianales

Famili : Apocynaceae

Genus : Allamanda

Spesies : Allamanda cathartica L.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *