Manfaat Bunga Daffodil

Manfaat Bunga Daffodil

Bunga daffodil atau narcissus merupakan tanaman bunga yang memiliki mahkota yang mencolok, terdiri dari 6 tepal membentuk cangkir atau terompet. Warna bunga yang dihasilkan biasanya putih atau kuning dan memiliki korona yang kontras dengan warna tepalnya.

Orang-orang menggunakan bunga, daun, serta bakal tunasnya untuk meredakan batuk, pilek dan asma. Beberapa orang mengoleskan tanaman ini di atas sepotong kain dan digunakan sebagai plester ,untuk mengobati luka, luka bakar, nyeri sendi dan otot tertarik.

Meski begitu, Anda harus berhati-hati. Pasalnya dikutip dari laman National Capital Poison Center, semua bagian bunga daffodil mengandung bahan kimia beracun, lycorin. Bagian tanaman yang mengandung konsentrasi tertinggi lycorin adalah bagian bakal tunasnya.

Saat Anda menelan tanaman ini, bisa menyebabkan mual, muntah, diare, dan sakit perut. Mengonsumsi bakal tunas bunga juga bisa menyebabkan iritasi parah pada mulut. Gejala biasanya tidak mengancam nyawa dan akan sembuh dalam beberapa jam.

pa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh bunga daffodil?
Daffodil dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti:

  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Sakit perut
  • Sensasi mati rasa di mulut
  • Pembengkakan di mulut, tenggorokan, dan lidah

Dalam kasus yang parah, efek sampingnya bisa meliputi:

  • Tekanan darah rendah
  • Mengantuk
  • Reaksi hipersensitif, dermatitis kontak, gatal
  • Gangguan pernapasan

Kerusakan hati telah dilaporkan pada hewan yang mengonsumsi tanaman ini dalam jumlah sangat besar, tetapi belum pernah dilaporkan pada manusia.

Tidak semua orang mengalami efek samping yang sudah disebutkan di atas. Pasalnya, mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda khawatir dengan efek sampingnya, silakan konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter Anda.

Anda harus berhati-hati ketika menggunakan bunganya, karena reaksi serius dan bahkan fatal dapat terjadi. Hindari penggunaan produk daffodil kecuali diawasi oleh ahli herbal profesional.

Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak seketat peraturan obat-obatan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui keamanannya. Sebelum menggunakan, pastikan manfaat penggunaan suplemen herbal lebih besar dibandingkan risikonya. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut.

Suplemen daffodil jangan digunakan selama mengandung dan menyusui. Suplemen ini tidak bisa diberikan kepada anak-anak. Orang-orang yang hipersensitif tidak dapat menggunakan daffodil. Bunga daffodil tidak boleh dimakan. Reaksi fatal dan serius dapat terjadi dari konsumsi ini. Suplemen herbal ini dapat berpengaruh dengan obat yang sedang digunakan atau kondisi medis Anda. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter Anda sebelum menggunakannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *