Manfaat Bunga Cempaka/Magnolia

Manfaat Bunga Cempaka/Magnolia

Bunga magnolia adalah sebutan dari suku-sukuan bunga yang termasuk di dalamnya bunga cempaka dan bunga kantil. Bunga magnolia ini mempunyai wangi yang sangat harum. Bunga ini biasanya digunakan dalam upacara keagaman seperti upacara pernikahan dan sebagai bunga penabur pada upacar kematian.

Nama bunga magnolia sendiri mempunyai arti dari setiap warna bunga yang ada . Bunga magnolia putih melambangkan kemurnian dan kesempurnaan, warna bunga magnolia merah muda melambangkan suka cita, warna bunga magnolia hijau melambangkan kesehatan dan keberuntungan sedangkan warna ungu melambangkan tercapainya keiginan.

Makna Bunga magnolia dalam ritual yaitu kemantil-kantil yang artinya selalu ingat dimanapun berada atau tetap mempunyai hubungan yang erat walaupun alamnya sudah berbeda. Filosofi bunga magnolia inilah yang menjadikan kebanggaan bagi masyarakat Jawa, dan salah satu bentuk apresiasinya adalah penghargaan dalam bentuk karya seni yang beragam seperti dalam ukiran, lukisan batik dan sebagainya.

Mendengar kata Cempaka memang terkesan penuh dengan misteri di pikiran kita. Bunga ini dikenal karena penuh dengan filosofi yang sangat dalam, Dan juga memiliki mitos yang melekat kuat padanya.

Mitos-mitos yang masih melekat pada masyarakat Indonesia sampai saat ini adalah makhluk-makhluk astral seperti jin dan lain-lain yang sangat menyukai bunga ini, karena aroma wanginya. Bahkan adanya anggapan yang sangat kuat tentang bunga ini adalah tempat yang paling disukai makhluk gaib seperti kuntil anak dan genderuwo.

Terlepas dari hal-hal mitos serta kepercayaan masyarakat tersebut, bunga cempaka ini mempunyai nilai-nilai tradisi yang erat bagi bangsa indonesia khususnya suku jawa, baik dalam tradisi perkawinan ataupun kematian. Melihat dari prespektif yang berbeda.

Indonesia adalah negara yang kaya dan tanah nya subur, negara ini juga terkenal karena memiliki aneka ragam jenis tnaman dan tumbuh-tumbuhan. Mengapa demikian tidak lain dan tidak bukan disbebakna karena Indonesia terdiri dari kepualauan serta iklim yang tropis. Salah satu tumbuhan yang dapat tumbuh bahkan banyak terdapat di Indonesia yaitu bunga cempaka.

Penyebaran dari bunga cempaka ini adalah di daerah Asia Selatan, Asia Tenggara dan Tiongkok Selatan. Khusus di Indonesia penyebarannya banyak utmbuh dia daerah pulau Jawa, Sumatra Maluku serta Sulawesi. Genus dari tanam cempaka ini adalah tnaman berbunga dari suku Magnoliaceae. Dari genus ini ada sekitar 50 spesies yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis.

Ada 4 jenis bunga cempaka yaitu :

1) bunga Cempaka putih /kantil

2) Bunga Cempaka Kuning /Cempaka Wangi

3) Bunga Cempaka Merah

4) Bunga Cempaka ungu.

Magnolol yaitu senyawa organik yang termasuk lignan. Suatu senyawa bioaktif yang ditemukan di kulit magnolia Houpu (Magnolia officinalis) atau di M. Grandiflora yang berguna sebgai pengobatan tradional di negara Cina dan Jepang. Sedangkan honokiol merupakan isomer magnolol, juga milik lignan.

Manfaat Bunga Magnolia 

1.) Mencegah penyakit kanker -> Menurut para ahli bahwa ekstrak kulit magnolia juga dapat menggunakan efek yang menguntungkan dalam mencegah dan mengobati penyakit leukimia dan kanker usus besar.

2.) Kram Menstruasi -> Komponen volatil yang ditemukan di bunga magnolia dan juga dianggap sebagai agen yang menenangkan atau bersantai, mengurangi ketegangan otot dan peradangan bila dikonsumsi.

3.) Mencegah Stress Oksidatif -> Honokial adalah salah satu senyawa organik yang aktif di magnolia yang terkait dengan fungsi otak yang meningkat dan aktivitas saraf,sehingga mengurangi kehilangan memori dan meningkatkan kognisi dengan mencegah stres oksidatif.

4.) Mengurangi kecemasan -> Memiliki kualitas anxiolytic tertentu yang berdampak langsung terhadap keseimbangan hormon dalam tubuh,terutama dalam hal hormon stress.

5.) Mencegah serangan asma -> Magnolia alami membuat kortikosteroid dalam tubuh untuk menanggapi kondisi seperti asma, sehingga menghilangkan peradangan yang dan mencegah serangan-serangan asma.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *