Mafaat Bunga Hydrangea Bagi Kesehatan

Mafaat Bunga Hydrangea Bagi Kesehatan

Hydrangea adalah sejenis tanaman hias yang berasal dari Jepang, yang memilimi bentuk tajuk dan bunga yang indah. Bagian daunnya tunggal, letaknya berhadapan, berbentuk bulat telur , ujung meruncing. Pangkal tumpul dan tepi bergerigi, tulang daun menyirip, berwarna hijau. Bunganya majemuk, muncul di ujung batang, membentuk rangkaian yang membulat dan menggerombol, warnanya bermacam-macam, ada yang putih, merah muda, biru muda atau unggu.

Tanaman Hydrangea memiliki rasa yang pahit, agak pedas, dingin, dan sedikit beracun. Berkhasiat sebagai antiradang (antiinflamasi) dan antimalaria. Tanaman ini juga memiliki kandungan kimia berupa asam hidrosianida, akar mengandung dephnetin, dan bunga mengandung tufin.

Berikut Khasiat atau manfaat bunga Hydrangea untuk kesehatan.

Radang tonsil atau amandel

Cara penggunaannya dengan menyiapkan bunga Hydrangea secukupnya yang dicuci dan ditumbuk halus, kemudian tambahkan satu sendok makan cuka beras putih dan air secukupnya, lalu diperas dan disaring, setelah itu airnya digunakan untuk berkumur-kumur.

Dapat Menyembuhkan Penyakit Malaria

Cara penggunaannya dengan menyiapkan 10 gram daun Hydrangea, 15 gram daun Bandotan dan ½ lembar daun Pepaya yang dicuci bersih dan direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, setelah dingin disaring lalu airnya diminum sekaligus. Lakukan secara teratur.

Dada terasa tersesak, jantung berdebar-debar

Cara penggunaannya dengan menyiapkan 15 gram akar Hydrangea, 15 gram bunga Krisan dan 5 kuntum bunga Cempaka Putih, 10 butir biji Teratai, yang dicuci bersih dan direndam dulu hingga lembut, kemudian direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, setelah dingin disaring lalu airnya diminum, sedangkan biji Teratainya dapat dimakan.

Gatal pada buah zakar, kurap, eksim

Cara penggunaannya dengan menyiapkan bunga dan daun Hydrangea ditambah dengan daun Lidah Buaya yang telah dikupas kulitnya atau daun Sambiloto masing-masing secukupnya yang dicuci dan direbus dengan air secukupnya lalu airnya digunakan untuk mencuci bagian yang sakit atau gatal.

Radang atau luka pada tenggorokan

Cara penggunaannya dengan menyiapkan akar Hydrangea dan umbi Bidara Upas masing-masing secukupnya. Kemudian cuci dan ditumbuk halus. Tambahkan sedikit air, diperas dan disaring lalu airnya digunakan untuk berkumur-kumur.

Nah, itulah manfaat dari Bunga Hydrangea untuk kesehatan tubuh manusia, Dimana anda dapat menanamnya di rumah anda dan bisa juga menjadi salah satu tanaman hias pajangan rumah. Untuk itu sekian dari penjelasan kami tentang Bunga Hydrangea, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *