Lily Of The Valley

Lily Of The Valley

Lily Of The Valley

Lily Of The Valley

Lily Of Valley adalah tanaman yang berasal dari eropa tanaman ini tumbuh pada cuaca yang hangat dengan tanah yang sedikit berlumpur dan berpasir serta banyak mengandung humus. Lily of The Valley tumbuh secara bergerombol dengan bunga berwarna putih berukuran kecil yang menyerupai lonceng serta memiliki aroma harum yang menyegarkan.

Bunga putih tersebut nantinya akan menjadi buah yang berwarna oranye kemerah – merahan, karena keunikan ini banyak orang menjadikan lily of valley sebagai tanaman hias di rumah rumah.

bagi Kaum Nasrani, bunga ini lebih dikenal dengan sebutan “Mary’s Tears” atau air mata maria, karena menurut legenda bunga ini berasal dari air mata bunda maria yang saat menyaksikan penyaliban yesus, legenda lain juga menuliskan bahwa bunga lily muncul karena adanya air mata valley

bunga Lily of The Valley menjadi salah satu tanaman hias termahal, dengan harga per-tangkainya mencapai Rp. 500.000. Mungkin karena masa berbunga yang hanya sekali dalam setahun yang menjadikan harga bunga tersebut menjadi mahal. Beruntung sekali orang yang pernah memakai rangkaian bunga Lily of The Valley pada acara pernikahannya, seperti pernikahan Pangeran William dan Catherine Middleton pada tahun 2011 silam.

Tapi jangan salah, meskipun tampilan bunga Lily tampak cantik, namun sebenarnya tanaman ini dapat mengancam jiwa dikarenakan hampir seluruh bagian dari tanaman hias Lily Valley mengandung racun yang mematikan. Racun yang terkandung di dalam Lily Valley bernama Convallatoxin. Apabila sampai tertelan maka seseorang akan merasakan efek yang ditimbulkan berupa :

  • Gatal-gatal pada mulut.
  • Mual luar biasa.
  • Muntah-muntah.
  • Diare, serta
  • Kram pada seluruh bagian tubuh.

Pada dasarnya menanam tanaman hias bukanlah bertujuan untuk mengkonsumsinya sebagai makanan, tapi hanya sekedar untuk dinikmati keindahannya. Yang yang harus diperhatikan adalah ketika ada anak kecil di sekitar bunga Lily Valley. Buahnya yang berwarna cerah mungkin saja membuat anak tertarik untuk memetiknya, lalu layaknya kebanyakan anak kecil, mereka akan langsung memasukkan buah yang ada di genggaman ke dalam mulutnya. Hal semacam ini yang harus diperhatikan untuk menghindari ancaman yang dapat ditimbulkan oleh Lily of The Valley.