Lidah Buaya

Lidah Buaya

Lidah Buaya

Tanaman Lidah buaya ini sudah menjadi tanaman hias yang ditanam dipot sejak jaman Romawi, tanaman ini selain bisa dijadikan tanaman hias ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Tanaman ini dijadikan tanaman hias karena mempunyai bentuk yang sangat unik sehingga menjadi perhatian kalo di jadikan tanaman hias.

lidah buaya ciri-cirinya biasa hidup di tempat yang memiliki suhu panas atau biasa di tanam di dalam pot ataupun di pekarang rumah untuk dijadikan tanaman hias. daunnya agak runcing berupa taji, tidak tipis, getas, pinggirnya bergerigi/ berduri kecil, permukaannya berbintik-bintik, panjangnya mencapai 15-36 cm, lebar 2-6 cm, bunga bertangkai yang panjangnya mencapai 60-90 cm, bunga berwarna kuning kemerahan ( jingga ), banyak di afrika sisi utara, hindia barat.

Apabila kita ingin menjadikan lidah buaya kita harus memperhatikan beberapa hal yang membuat tanaman ini layak untuk di jadikan tanaman hias, Sebenarnya pengembangbiakan tanaman ini relatif mudah dan dapat dipelajari dalam beberapa menit meskipun oleh para pemula, metoda yang paling baik yang saya pakai ialah menunggu munculnya anak tanaman yang tumbuh disebelah tanaman induk yang masih berbagi akar dengan induknya Setelah dirasa cukup besar dan memiliki minimal 3 daun maka saya menggali tanah disekitar anak lidah buaya dan memastikan sudah tumbuhnya akar lengkap untuk pertumbuhan secara mandiri, dengan menggunakan pisau atau gunting yang bersih dan tajam potong akar yang menyambungkan kedua tanaman tersebut dan tanam di pot baru dan biarkan selama satu minggu sebelum penyiraman pertamanya. Setelah itu anda bisa merawat tanaman hias lidah buaya baru anda seperti tanaman lainnya. selain juga harus diperhatikan beberapa hal tersebut di bawah ini :
. Kebutuhan Cahaya
Tanaman lidah buaya tumbuh baik ditempat-tempat yang memperoleh cahaya sinar matahari langsung selama 4 jam atau lebih dalam sehari
. Suhu
tanaman lidah buaya menghendaki suhu siang hari sekitar 68-72 derajat farenheit dan pada malam hari membutuhkan suhu 50-55 derajat fahrenheit
. Media tanam
Media tanam yang baik untuk tanaman ini terdiri atas campuran tanah, pupuk kandang, pasir dan setengah serbuk arang. Setiap 4,5 Kg media tersebut ditambah 1 sendok makan kapur dan 1 sendok makan tepung tulang. Media tanam diusahakan dalam kondisi baik yaitu agak kering, tidak boleh terlalu basah.
. Pemupukan
Tanaman yang baru dibeli tidak perlu langsung dipupuk pada tahun pertamanya, pemupukan dilakukan tahun berikutnya.

Selain menjadi tanaman hias, tanaman lidah buaya juga bermanfaat bagi manusia karena bisa memberikan udara yang bersih bagi kita, ini sebabkan kemampuan dari lidah buaya untuk menyerap segala polutan yang ada di udara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *