Kuping Gajah

Tanaman hias yang bernama asli Anthutium crystallinum di Indonesia lebih dikenal dengan nama Kuping Gajah. tumbuhan ini mempunyai ciri khas berwarna daun hijau tua dan terdapat warna putih pada tulang daun.

Tanaman ini sangat familiar dikalangan masyarakat karena sering dipakai untuk penghias halaman rumah. Keunikan dari tanaman ini jika kita amati lebih jelas, tanaman ini berbentuk hati. Tanaman ini di sebut oleh masyarata sebagai kuping gajah karena ukuran daunnya yang lebih besar dan terlihat tidak seimbang dengan tangkainya yang sangat kecil. Jenis kuping gajah paling sering kita temukan di masyarakat.

Kuping gajah termasuk tanaman yang mudah tumbuh dan tanaman ini bisa ditanam diluar maupun dalam rumah, namun tanaman ini rentan dengan terkena sinar matahari langsung dalam waktu lama, daunnya akan cepat berubah warna menjadi kuning dan mati. Ada beberapa jenis dari tanaman kuping gajah ini :
– Kuping Gajah Crystallium
– Kuping Gajah Clarinervium
– Kuping Gajah Nikki
– Kuping Gajah Papillilaminum
– Kuping Gajah Regale

Cara menanam Kuping gajah sangat mudah dengan menyediakan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan komposisi 1:1 selain itu sering dilakukan penyiraman dengan rutin agar tanaman tumbuh dengan baik dan subur. Setelah tanaman ini tumbuh dengan baik perawatan hanya sebatas penyiraman dan pemupukan secara teratur dan juga daun dari kuping gajah pun harus dibersihkan dengan cara pengelapan agar bersih dari debu atau kotoran yang menepel pada daun.

Jika Kuping gajah di tanam ditempatkan didalam ruangan ternyata, tumbuhan ini bagus untuk membersihkan udara dalam ruangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *