Jenis Tanaman Hias Bunga Tulip

Jenis Tanaman Hias Bunga Tulip

Bunga tulip merupakan salah satu tanaman hias yang banyak disukai karena keindahan dan keragaman warnanya. Bisa dibilang setiap jenis bunga tulip memliki ciri khas dan warna yang berbeda.

Ada banyak sekali jenis dan warna bunga tulip diantaranya seperti bunga tulip putih, bunga tulip merah, bunga tulip ungu, bunga tulip pink (merah muda), dan berbagai warna yang lainnya.

Meskipun begitu sebenarnya bunga tulip merupakan bunga asli dari negara Turki. Menurut sejarah bunga ini ditemukan pada masa pemerintahan Kekhilafahan Turki Usmani. Saat ini bunga tulip lebih identik dengan bunga ciri khas negara Eropa.

Di indonesia bunga tulip hanya di daerah tertentu, halnya karena bunga ini hanya bisa tumbuh didaerah yang mempunyai suhu dingin seperti di daerah dieng, puncak, dan lainya. Saat ini Anda bisa melihat keindahan bunga tulip dengan mengunjungi taman bunga nusantara yang berada di Cipanas.

Keindahan kelopak bunga serta warna bunga yang cerah membuat pecinta bunga terpesona dan ini menjadikan bunga ini sebagai penghias taman mereka. Tetapi hal tersebut mungkin tidak bisa terlaksana karena bunga ini sangat susah dibudidayakan di daerah dengan cuaca tropis.

Jenis-Jenis bunga Tulip

Bunga Tulip Double Late

Ciri khas dari bunga tulip jenis ini yakni memiliki daun mahkota dengan ukuran lebih besar dibandingkan dengan jenis lainnya. Kelopak bunga dengan ukuran besar tersebut tersusun dengan rapi sehingga tampak indah, hal inilah yang membuat tulip ini dijuluki dengan Double Late.

Bunga tulip jenis ini tidak tahan dengan curah hujan yang tinggi, angin kencang, dan juga berbagai cuaca ekstrim lainnya. Bunga tulip Double Late bisanya akan mulai mengeluarkan bunga ketika memasuki bulan April. Dengan ukuran bunga yang besar dan warna yang cerah membuat bunga ini menjadi salah satu bunga favorit.

Bunga Tulip Single Late

Bunga tulip yang satu ini hampir serupa dengan jenis bunga tulip sebelumnya. bedanya hanya pada ukuran mahkota bunganya yang lebih kecil. jenis single late termasuk jenis bunag yang lama dalam mengeluarkan bunga.

Bila bunga tulip biasa akan berbunga ketika memasuki bulan april, bunga yang satu ini lebih lambat yakni berbunga ketika akhir bulan april bahkan terkadang ketika masuk bulan mei baru mengeluarkan bunga.

Bunga Tulip Darwin Hybrid

Bunga tulip ini merupakan jenis baru yang baru dikenal setelah perang dunia kedua, yang merupakan hasil dari persilangan Tulipa fosteriana yang berukuran besar dan Darwin.

Bunga ini memiliki ukuran bunga yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran bunga tulip yang lainnya. Tulip jenis ini banyak ditanam untuk dijadikan sebagai penghias tanam dan diproduksi secara masal digunakan sebagai bunga potong.

Selain itu jenis bunga tulip ini juga memiliki banyak sekali variasi warna seperti Pink Impression’ (merah jambu), ‘Oxford’ (merah) dan ‘Apeldoorn’. Selain itu, ada juga warna-warna lain yang dimiliki keturunan ‘Apeldoorn’ dan ‘Oxford,’ seperti ‘Golden Oxford’ (kuning tua), dan ‘Oxford Elite (oranye dengan pinggir kekuningan).

Bunga Tulip Apricot

Bunga satu ini merupakan salah satu tanaman yang paling cepat berbunga dari bunga tulip yang lainya, bunga tulip ini termasuk ke dalam jenis bunga yang cepat mengeluarkan bunga. Dengan bentuk mahkota yang berlapis membuat bunga ini mempunyai keindahan yang luar biasa.

Keunikan dari bunga ini bisa dilihat dari jumlah mahkota bunganya. Ya, bunga ini hanya memiliki 6 daun mahkota saja. Tanaman ini mempunyai batang cenderung pendek, tinggi tanaman sekitar 20-30 cm. Salah satu contoh jenis tulip yang masuk jenis ini adalah Apricot Beauty dan Christmas Dream.

Bunga Tulip Kaufmaniana

Bunga tulip ini merupakan spesies yang dikembangkan dari spesies Tulipa kaufmanniana asal Turkestan. Bunga tulip ini termasuk unga yang awal berbunga, terkadang ketika memasuki bulan maret tanaman ini sudah mulai mengeluarkan bunga.

Tanaman ini memiliki batang yang pendek, serta bagian bunganya terbuka lebar di bawah sinar matahari sehingga terlihat seperti bintang bersegi enam. Dengan warna kuning dengan garis merah membuatnya terlihat sangat megah dan mewah.

Bunga Tulip Greigii

jenis ini dikembangkan dari spesies tulip greigii asal Turkestan. Ciri khas dari tulip jenis ini adalah bentuk bunganya yang memiliki kelopak yang cukup besar dan terbuka. Selain itu bagian dasar kembang terkadanga terlihat lebih gelap.

Pada bagian daunnya memiliki ciri bermotif khas seperti garis-garis atau corak warna ungu dengan tinggi tanaman sekitar 20-30 cm. Tulip Greigii biasanya akan mulai mengeluarkan bunga ketika masuk bulan April.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *