Jenis-Jenis Tanaman Hias Bunga Aster

Jenis-Jenis Tanaman Hias Bunga Aster

Bunga Aster merupakan bunga yang tidka kenal musim, artinya bunga ini akan mekar sepanjang tahun atau tidak mengenal musim untuk berbunga. Bunga yang masuk dalam keluarga asteracea secara umum merupakan bunga yang dikategorikan sebagai bunga sempurna karena bentuk dan bagian-bagian bunga aster sudah cukup memenuhi syarat untuk disebut sebagai bunga sempurna.

Suatu bunga baru bisa dikatakan sebagai bunga sempurna jika bunga tersebut memiliki alat reproduksi yang lengkap, yaitu benang sari dan putik. Diantara bagian-bagian bunga aster adalah: Calyx atau kelopak bunga, Corolla atau Mahkota bunga, Androecium atau benang sari, Gynoecium atau putik.

Klasifikasi Ilmiah Bunga Aster:

  • Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
  • Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  • Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
  • Sub Kelas: Asteridae
  • Ordo: Asterales
  • Famili: Asteraceae
  • Genus: Callistephus
  • Spesies: Callistephus chinensis (L.) Nees

Manfaat Bunga Aster:

  • Mengencekan dan mengelyarkan dahak.
  • Mengobati dahak diserta darah.
  • Obat batuk alami (Batuk kering, batuk kronis).
  • Mendinginkan tenggorokan kering.
  • Bersifat antibiotik, antineoplastik, ekspektoran dan farmakologi.

Jenis-Jenis Bunga Aster:

Eucephalus Breweri – Merupakan salah satu jenis tanaman yang berasal dari Amaerka Utara yang biasanya dikenal sebagai bunga Brewer.  Namun bunga ini berbentuk bintang ini merupakan bunga endemik, asli California, terutama di pegunungan Sierra Nevada. Tanaman ini tersebar mulai barat laut Nevada hingga barat daya Oregon. Aster breweri juga merupakan tanaman yang tumbuh di sekitar kayu caudex dengan ketinggian berkisar antara 10 cm (4 inci) hingga 1 meter (39 inci).

Symphyotrichum Cordifolium(Aster Kayu Biru)

Bunga Cordifolium – Merupakan salah satu jenis bunga aster yang berasal dari Amerika Utara bagian timur.

Ketika musim mekar pada bulan Agustus hingga Oktober, bunganya bewarna putih keunguan atau kebiruan dengan bagian tengahnya bewarna ungu tua. Bunga ini akan tetap berbunga diketinggian 1200 mdpl.

Symphyotrichum Dumosum

Symphyotrichum dumosum atau beras aster/aster lebat merupakan salah satu jenis bunga aster lama yang dulunya biasa dikenal sebagai Aster dumosus. Bunga ini akan mudah kita temukan di seluruh bagian timur Amerika Serikat dari Texas hingga Florida dan di Maine hingga Wisconsin. Selain itu, bunga ini juga bisa kita temukan di New Brunswick dan Ontario, dan mulai banyak dibudidayakan oleh masyarakat di tempat lain. Tanaman ini mampu tumbuh hingga mencapai tinggi 100 cm (40 inci) tinggi dengan warna yang cukup kalem, yaitu putih pada mahkotanya dan kuning di bagaian tengahnya.

Euribia Divaricata

Euribia divaricata (sebelumnya Aster divaricatus) atau yang bias disebut dengan aster kayu putih, merupakan salah satu jenis bunga aster yang berasal dari bagian timur Amerika Utara, terutama di pegunungan Appalachian, Tenggara Kanada, di provinsi Ontario dan Quebec pun ada, hanya saja jumlahnya berkisar 25 populasi saja. Bunga ini memiliki mahkota yang bewarna putih dengan bagian tengah berwarna kuning cerah. Selain itu, buga ini hanya muncul di akhir musim panas hingga musim gugur.

Symphyotrichum Laeve (Aster Biru Halus)

Symphyotrichum laeve atau yang biasa disebut aster halus, aster keabu-abuan merupakan tanaman aster yang berasal dari Kanada dan Amerika Serikat. Aster halus mampu tumbuh dengan mencapai tinggi 20-70 cm.

Pilosum Symphyotrichum

Pilosum Symphyotrichum merupakan satu diantara bunga aster yang berasal dari Kanada dan Amerika Serikat. Bunga ini memiliki julukan aster putih berbulu dan aster berbulu, sama halnya dengan jenis-jenis bunga aster lainnya bunga ini memiliki mahkota berwarna putih dan kuning di bagian tengahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *