Ficus Benjamin L (Beringin)

Ficus-Benjamin-L (Beringin)

Ficus Benjamin L (Beringin)

Pohon beringin adalah sebuah tanaman yang berkayu dan berukuran besar. Nama latin tanaman beringin adalah Ficus benjamina L. Sedangkan dalam bahasa inggris nama tanaman beringin adalah Weeping fig atau benjamin tree. Fungsi tanaman beringin biasanya digunakan sebagai tanaman peneduh di jalan dan tanaman hias bonsai yang ditaruh didepan rumah. Tanaman beringin ini mempunyai ciri-ciri dengan akar gantung. Akar gantung tanaman beringin berfungsi untuk menyerap air dan mineral serta membantu pernafasan tanaman tersebut. Umur tanaman beringin ini bisa mencapai ratusan tahun. Tanaman beringin ini tidak hanya berfungsi sebagai tanaman hias atau peneduh saja namun memiliki berbagai manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit yang ada ditubuh kita.

Ficus-Benjamin-L (Beringin)

Dengan kreatifitas akan keindahan tanaman yang berukuran besar ini bisa menjadi tanaman hias yang cantik, tanaman beringin merupakan tanaman pohon yang berukaran besar, dengan diameter batangnya bisa sampai 2 m lebih, yang mana tingginya bisa sampai 25 m. Batang tanaman beringin tegak agak bulat, dengan struktur permukaan kasar, batang tanaman beringin berwarna coklat kehitaman, dan juga mempunyai akar gantung yang keluar dari batangnya. Daun tanaman beringin tunggal berbentuk lonjong, daun tanaman beringin berhijau, dengan panjang 3 sampai 6 cm, dengan tepian daun rata, yang mana letaknya bersilang berhadapan. Bunga tanaman beringin tunggal, bunganya ini keluar dari ketiak daun, kelopak bunga tanaman beringin berbentuk seperti corong, berwarna kuning kehijauan. Buah tanaman beringin bulat kecil, panjang 0.5 – 1 cm berwarna hijau saat muda dan kemerahan saat tua. Pohon beringin berkembang biak dengan cara stek dan biji.

Ficus-Benjamin-L (Beringin)

Dengan Sturuktur pohon yang besar yang dibuat menjadi tanaman bonzai, dengan menampilkan struktur pohon yang jelas dengan akar mengangtung dan akar yang keluar dari tanah menambah keindahan dari pohon beringin bonzai, bentuk dari bonsai pohon beringin menjadi daya tarik tersendiri. Maka tak heran, jika tanaman bonsai beringin dengan bentuk yang unik dan langka mempunyai nilai jual yang tinggi. ada beberapa varian dari pohon beringin yang memang sangat bagus untuk dibuat bonsai dengan prosedur dan perawatan yang tepat dan baik maka tanaman hias beringin akan semakin cantik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *