Eleocharis Acicularis (Dwarf Grasshair)

Tanaman Hias Eleocharis Acicularis

Tanaman Hias Eleocharis Acicularis (Dwarf Grasshair)

Tanaman Hias Eleocharis Acicularis

Eleocharis Acicularis atau Dwarf Grasshair banyak ditemukan secara alami di Rawa – Rawa, Kolam Vernal dan saluran air dangkal lainnya di amerika utara, Eropa dan Asia, Eleocharis Acicularis pertama kali digunakan oleh Aqua Scaper jepang yang bernama Takhashi Amano Sebagai Tanaman Foreground Berumput untuk Aquascape Iwagumi nya dengan layout Nature Style, sejak saat itu tanaman ini menjadi sangat populer di kalangan Aquascaper sebagai salah satu tanaman hias Air.

dari segi bentuk, Eleochari Acicularis sangat mirip dengan spesies Hairglass lainnya seperti Eleocharis Parvula namun perbedaannya adalah dari pertumbuhannya dimana Eleocharis Parvula bisa tumbuh sampai dengan 5 – 10 cm sedang kan Eleocharis Acicularis hanya dapat tumbuh 3- 5 cm saja sehingga tanaman ini sangat cocok digunakan sebagai salah satu tanaman aquascape karena tidak dapat tumbuh terlalu tinggi serta perawatan yang tidak terlalu Sulit

Karakteristik Pertumbuhan

Eleochari Acicularis membentuk Karpet rumput yang tumbuh subur saat diberikan intensitas cahaya yang tinggi dengan karbondioksida, dalam kondisi ini, Eleocharis Acicularis akan dapat tumbuh hingga ketinggian 5 cm. Rimpang dan akarnya akan menembus sekitar 1/4 inci kedalam dan meregang melalui Butiran substrat yang halus.

dalam pembudidayaannya tanaman ini memerlukan sinar matahari penuh dengan kondisi media tanam yang basah dan tanah harus mengandung lumpur atau pasir, Dwarf hairgrass dapat beradaptasi dengan tanah basah atau air dangkal (Emersed). dan ada juga yang sepenuhnya akuatik (Full Submersed).

dalam teknik Aquascape, Eleocharis Acicularis biasanya diaplikasikan di daerah latar depan atau pertengahan atau midground akuarium, hal ini untuk membentuk penampilan seperti rumput liar didalam aquascape sehingga memberikan kesan natural, anda juga bisa menyeimbangkannya dengan baik terhadap batu dan tanaman carpet foreground lainnya seperti Hemianthus Callitrichoides, Glossostigma Elatinoides atau Sagittaria Subulata.

tanaman ini juga dapat digunakan sebagai ascents pada aquascape dengan strategis menempatkan bagian kecil dari tanaman antara ceruk batu atau tanaman lain seperti Riccia Fluitians.