Daun serai

Daun serai

Daun serai

Daun serai

Daun Serai atau Lemon Grass mungkin lebih dikenal sebagai bumbu dapur oleh kalangan ibu – ibu, namun pernahkan terlintas dipikiran menggunakan tanaman ini sebagai tanaman hias yang cantik yang di pajang di halaman rumah anda?

tanaman dari serai yang panjang dan memiliki warna hijau yang segar memang sangat cocok jika di menjadi salah satu tanaman hias andalan dirumah, apalagi tanaman ini juga memiliki segudan manfaat muai dar sebagai alan kecantikan alami, atau sebagai pengobat penyakit tenggorokan.

Kali ini Anda akan diajak menanam serai dengan memakai potongan umbi, cara menanam serai ini sangat mudah:

Pilihlah tanaman serai dewasa sebagai bibit, pilih yang unggul.

Longgarkan tanah dengan memakai sekop maupun cangkul di sekelilingnya

Tempatkan cangkul atau sekop di bawah umbi lalu angkatlah dari tanah dengan sangat hati-hati.

Cuci tanah tersisa yang menempel di umbi dengan air hingga benar-benar bersih.

Pakai pisau yang tajam untuk mengiris umbi dan buat irisan sekitar 5 sentimeter. Bungkuslah umbi yang sudah diiris tadi menggunakan kain basah agar tidak mengalami kekeringan.

Tanam serai dewasa serta sisa umbinya dalam lubang yang sama.

Ambilah sebuah pot kecil dan isi pot tersebut sekitar 10 sentimeter dengan memakai 3 bagian kompos organik serta satu bagian kerikil/pasir halus.

Tempatkan potongan umbi di permukaan kompos dan bila ingin menanam serai lebih dari satu maka berikan jarak di antara umbi, beri jarak sekitar 5 sentimeter.

Sebar potongan umbi dengan memakai kantong plastik bening lalu tempatkan pot di tempat yang dingin dan hindari dari terik sinar matahari langsung. Lanjutkan dengan melepaskan bungkus plastik ketika tunas yang pertama mulai muncul.

Pindahkanlah pot pada tempat yang lebih terang akan tetapi jangan sampai terkena sinar matahari langsung, sesekali perciki pot dengan air untuk menjaga kelembaban komposnya.

Terakhir, Anda bisa memindahkan bibit serai dalam pot untuk ditanam di kebun maupun halaman yang luas setelah tunasnya tumbuh dan berukuran 5-8 sentimeter.

Cara kali ini adalah cara yang paling mudah dan cepat yang bisa Anda lakukan. Denganmengikuti cara ini Abda dapat menanam serai sebanyak yang Anda mau tanpa perlu ribet menggali tanah untuk mendapatkan bibit serai.

Langkah-Langkah Cara Mudah menanam serai

  • Belilah serai di pasar tradisional atau supermarket
  • Pilih serai yang masih segar
  • Potong bagian daun,
  • Rendam atau letakkan di tempat lembab yang terhindar sinar matahari
  • Tunggu hingga akar mulai tumbuh
  • Ketika akar mulai tumbuh, tanam di polybag dan tetap letakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari.
  • Jika sudah mulai tumbuh daun dan panjang, serai siap untuk di tanam.

Cara-cara menanam serai diatas merupakan cara yang paling mudah. Namun jika Anda ingin yang simpel-simpel. Cukup dengan memotong bagian daun serai kemudian tanam di tanah/polybag lindungi dari sinar matahari langsung kemudian rutin siram setiap hari. Cara ini bagi yang ingin cepat, namun terladang juga tidak berhasil.

Aktivitas menarik di pagi hari selama hari libur kini bisa Anda lakukan di kebun atau tanam rumah dengan mengaplikasikan cara menanam serai sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas.