Cara Menanam Bibit Bunga Cosmos

Cara Menanam Bibit Bunga Cosmos

bunga Cosmos adalah bunga bunga yang berasal dari negara Brasil tepatnya di Meksiko. Penyebaran bunga cosmos cukup pesat hingga sampai ke Indonesia. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa macam diataranya merah, putih, merah muda, kuning dan orange.

Bunga Cosmos sendiri memiliki arti indah. Karakteristik dari bunga ini yakni memiliki batang yang cukup tinggi dan bunga yang relatif besar. Jika dilihat sekilas mirip dengan bunga melati, tetapi bunga dari tanaman cosmos ini lebih besar dan bunganya lebih rapat. Dijawa sendiri bunga Cosmos sering disebut Bunga Kenikir.

Dari keindahan nunga ini, tidak sedikit orang yang menanamnya sebagai tanaman hias baik didalam rumah keindahan danb daya jual yang cukup baik, nah, untuk itu, berikut ini adalag cara menenam bibiut bunga Cosmos di dalam pot.

Pemilihan Bibit

Langklah pertama dalam melakukan penanaman bunga Cosmos adalah mimilih bibit. Pemilihan bibit bisa anda beli dipasar bunga dalam bentuk benih ataupun yang siap tanam. Pastikan anda membeli bibit unggulan agar hasil bunganya nanti mekar dengan sempurna dan indah. Bibit unggul ditandai dengan harga yang relatif lebih mahal serta jika itu siap tanam ditandai dengan kondisi bibit yang sehat dan segar baik dari daun dan batangnya.

Media Tanam

Untuk media tanam anda bisa menggunakan campuran tanah hitam dengan sekam dengan perbandingan 1 : 1. Pertama masukkan tanah dahulu kemudian bagi anda yang membeli benih bisa anda tebar dan tutup dengan tanah lagi setinggi 1 cm. Namun, jika anda membeli bibit siap tanam anda langsung bisa menanamnya. Selain itu, anda juga bisa menmbahnya deng pupuk kompos dari kotoran kambing agar zat hara dimedia tanam lebih beragam.

Perawatan Bunag Cosmos

Setelah 3-4 hari benih Cosmos akan mulai tumbuh keatas, kemudian anda dapat memindahkan kedalam pot. namun tunggu hungga daun dan akar tumbuh dengan kuat untuk dipindahkan ke pot.

Penyiraman bisa anda lakukan dua kali dalam sehari, namun jika masih berbentuk benih dan belum tumbuh daun anda bisa menyiramnya sehari sekali setiap pagi.

Sedangkan untuk pemupukan, anda bisa menggunakan pupuk kandang atau pupuk organik. Nah untuk pupuk kandang anda bisa menggunakan pupuk dari kotoran kambing dan untu yang organik anda bisa membelinya di toko pupuk.

Namun, pilihlah yang memiliki kandungan N (Nitrogen) lebih sedikit. Karena bunga cosmos tidak terlalu cocok dengan kandungan nitrogen. Agar bunga yang dihasilkan lebih cerah anda bisa menyiangi pada pagi hari sebelum jam 11 siang.

Dalam penanaman bunga cosmos juga perlu dilakukan pemangkasan pada ranting dan daun yang kering. Apa lagi daun yang sudah terinfeksi hama yang ditandai dengan bercak hitam. Apabila anda menemui tanaman yang seperti itu, anda perlu memberikan pestisida semprot atau memotong daun yang terinfeksi.

Demikian untuk ulasan mengenai cara menanam bunga Cosmos untuk menghasilkan tanaman yang sehat dan bunga yang relatif lebih banyak anda halus telaten dalam perawatannya mulai dari penanaman bibit hingga ke pemupukannya. semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *