Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Hydrangea

Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Hydrangea

Bagi anda yang belum mengenal tanaman hydrangea mungkin akan terasa asing mendengarnya. Pesona keindahan dan warna tanaman ini pasti akan membuat anda jatuh cinta saat melihatnya. Di Indonesia tanaman ini dikenal dengan nama kembang bokor.

Tanaman ini memiliki keunikan tersendiri yaitu dapat menghasilkan warna bunga yang berbeda dalam satu pohonnya. Itulah mengapa bunga yang satu ini dijuluki sebagai bunga panca warna. Perbedaan warna dari bunga ini dipengaruhi oleh derajat keasaman tanah atau PH.

Bunga hydrangea menjadi salah satu bunga yang sering dijadikan sebagai penghias pelaminan pengantin. Ukuran bunga yang besar membuat keindahan bunga yang satu ini selalu menjadi pilihan dalam perayaan hari bahagia. Bunga yang satu ini sangat cocok di budidayakan di daerah tropis seperti Indonesia.

Bagi anda penyuka bunga ini tentu sangat ingin menanamnya di halaman rumah anda. Keindahan bunga ini sudah pasti akan membuat tampilan halaman rumah anda lebih berkesan. Berikut 6 cara budidaya tanaman hias bunga hydrangea.

Memilih jenis bunga Hydrangea yang akan di tanam

Saat akan memulai cara menanam Hydrangea tentu anda harus menentukan jenis mana yang akan anda tanam. Seperti yang kita tahu ada beragam.jenis bunga hydrangea yang tersebar di penjuru dunia. Berikut rekomendasi jenis hydrangea yang cocok di tanam di Indonesia.

  • Hydrangea Mophead dan Lacecap, dapat tumbuh di iklim hangat seperti Indonesia. Memiliki ukuran bola bunga yang besar dengan warna merah muda dan biru warna yang hasilkan akan semakin gelap saat musim berbunga tiba.
  • Hydrangea Okleaf , memiliki bunga yang berwarna putih. Dan dapat tumbuh dari iklim hangat hingga musim yang sangat panas.
  • Hydrangea annabelle , menghasilkan bunga berwarna putih namun bunga nya akan berubah menjadi hijau saat betada pada akhir musim berbunga. Hydrangea jenis ini bisa beradaptasi pada cuaca yang cukup dingin.

Menanam bunga Hydrangea

Setelah menentukan jenis bunga hydrangea yang akan anda tanam. Tahap selanjutnya adalah menanam bunga hidrangea. Cara menanam hydrangea di pekarangan tentu berbeda dengan cara menanam bunga mawar pada pot Berikut beberapa tahapan yang harus anda lakukan :

  • Bunga ini sangat menyukai tanah yang subur dan berpori serta agak lembab , jadi pilih lokasi yang sesuai ataunpaling tidak mendekati kriteria di atas.
  • Anda dapat memperoleh bibitnya denganembeli di toko bibit bunga atau nursery.
    Pilih bibit yang sehat , tidak terkontaminasi hama penyakit serta yang belum berbunga.
  • Buat lubang tanam sedalam 20-40 cm dengan lebar yang disesuaikan dengan panjang akar dari bibit yang dipilih.
  • Tambahkan kompos kedalam lubang tanam.
  • Tanam bibit bunga hydrangea pada lubang tanam. Tutup kembali lubang tanam dengan tanah sisa galian.
  • Lakukan penyiraman menyeluruh pada lubang tanam dan bibit tanaman.
    Beri jarak 3-10 kaki setiap lubang tanam.

Perawatan BUnga Hydrangea

Bunga Hydrangea merupakan salah satu jenis bunga yang membutuhkan kondisi tanah yang lembab serta pencahayaan matahari yang penuh, ada beberapa perawan yang wajib dilakukan saat menanam bunga Hydrangea.

  • Lakukan penyiraman secara rutin. Ideal.pemyiraman adalah 2 kali dalam sehari. Pagi dan sore hari, Jangan sampai tanaman terlihat layu karena akan berakibat pada kematian.
  • Lakukan pemupukan tambahan dengan memberi pupuk kompos. Semakin subur kondisi tanah semakin baik bagi pertumbuhan hydrangea.
  • Namun, berikan pupuk sesuai dosis jangan sampai berlebihan. Kelebihan pupuk malah akan membuat tanaman sedikit menghasilkan bunga.
  • Lakukan pemangkasan pada tanaman hydrangea yang telah berusia tua agar tetep bisa menghasilkan bunga pada musim selanjutnya.
  • Panen Bunga Hydrangea
  • Pilih bunga yang memiliki warna beragam. Jika warna belum muncul, maka tunggu hingga warna menjadi kaya dan beragam.
  • Tekstur bunga harus kering seperti kertas. Jangan memetik bunga jika masih terlihat basah dan kadar air tinggi.
  • Gunakan gunting atau cutter tajam untuk memotong bunga dari tangkainya.
  • Jangan lupa tetap lakukan pemeliharaan dan perawatan pada tanaman bunga hydrangea yang telah dipanen. Agar pada musim berikutnya tetap bisa menghasilkan bunga

Mengeringkan Bunga Hydrangea sebagai Bunga Hias

Salah satu cara menikmati pesona bunga hydrangea adalah dengan menjadikannya bunga hias. Untuk mempertahankan keindahan hydrange tentu kesegaran harus selalu dijaga. Namun, bunga hydrangea yang dikeringkan tetap memiliki pesona dan tentu bisa bertahan dalam waktu yang lama. Ada beberapa metode untuk mengeringkan bunga hydrangea anda bisa memilih salah satunya.

+ Mengantung bungan secara terbalik

Rekatkan bungan dengan cara mengantungnya di atas pintu pada ruang gelap dan kering. Biarkan digantung hingga bunga mengering. Baru setelahnya anda bisa menyusunnya dalam vas bunga.

+ Silika Gel

Metode ini merupakan metode yang paling baik dan mampu memepertahankan warna bunga dengan sempurna. Masukkan bunga kedalam wadah, susun dengan rapi. Kemudian tutupi bunga menggunakan silika gel. Biarkan selama 1-2 minggu hingga bunga hydrangea benar benar mengering.

+ Mengeringkan dalam air
Letakkan tangkai bunga dalam vas yang telah diisi air. Saat air menguap secara perlahan bunga akan mengering.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *