Cara Budidaya Mawar

Cara Budidaya Mawar –┬áSalah satu bunga yang paling terkenal di dunia, bunga yang melambangkan “cinta”. Bunga ini mempuntai nama latin Rosa canina, selalu menjadi idola dari para pencinta tanaman hias.

Mawar sendiri adalah jenis dari tanaman semak dari Genus: Rosa. Tanaman ini termasuk dari tanaman berduri, semak, dan merambat. Tinggi dari tanaman mawar antara 2 meter sampai 5 meter. Ada juga spesies yang tingginya bisa mencapai 20 meter. Bunga mawar kebanyakan dari spesiesnya mempunyai karakteristik daun yang panjangnya 5 sampai 15 cm.

Bagi anda yang ingin menanam bunga mawar di pekarangan anda berikut beberapa langkah yang bisa membantu anda :

> Waktu yang bagus untuk menanam bunga mawar adalah ketika masuk awal musin penghujan.
> Siapkan bibit bunga mawar yang bagus dan sehat
> buat lubang tanam yang jaraknya 60 cm2 sampai 70 cm2, tergantung dari jenis mawar dan kesburan tanah.
> Kedalaman tanahnya sekitar 45 cm
> Sesudah bibit dimasukkan ke lubang, timbun dengan memakai tanah
> Campur tanah timbunan dengan kompos, pupuk hijau, pupuk kandang

Cara di atas adalah cara penanaman untuk bibit mawar cabutan. Sedangkan untuk biit mawar di polybag mempunyai cara yang beda. Bibit dipindahkan ke lubang tanam bersamaan dengan polybagnya. Berikut ini tahapannya:

Siram polybag bibit bunga mawar sampai basah. Balikan polybag sembari ditekuk-tekuk di dasarnya sampai bibit mawar bersamaan tanah dan akarnya keluar dari polybag. Bisa juga dengan cara merobek polybagnya jika polybagnya ukurannya besar. Selanjutnya tanam bibitnya ke lubang tanam yang sudah dipersiapkan. Lalu timbun dengan tanah sampai penuh dan dipadatkan dengan perlahan. Kemudian, siram tanah di sekeliling bibit yang sampai cukup basah.

Itulah cara menanam Mawar, semoga tips yang kami berikan ini bermanfaat untuk anda. Semoga tanaman bunga mawar yang anda tanam tumbuh dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *