Bunga Teratai

Bunga Teratai –┬áSalah satu jenis tumbuhan air yang bisa dijadikan sebagai tanaman hias, memiliki nama latin Nymphea merupakan genus tanaman air yang berasal dari suku Nymphaeaceae. Tanaman ini dalam bahasa Inggris biasa disebut dengan water-lily.

Tanaman tumbuh di permukaan air yang tenang. Bunga dan daun terdapat di permukaan air, keluar dari tangkai yang berasal dari rizoma yang berada di dalam lumpur pada dasar kolam, sungai atau rawa. Tangkai terdapat di tengah-tengah daun. Daun berbentuk bundar atau bentuk oval yang lebar yang terpotong pada jari-jari menuju ke tangkai.

Teratai merupakan tanaman air yang unik. Teratai yang tumbuh di air yang sangat berlumpur (kotor, coklat), warna bunganya lebih cemerlang. Warna bunga bila putih lebih putih, bila merah lebih merah, bila merah muda makin terang warnanya.

Teratai masih satu suku dengan genus Nuphar yang perbedaannya terletak pada besar daun mahkota. Bunga teratai memiliki daun mahkota yang lebih besar dari daun kelopak, sedangkan genus Nuphar memiliki daun mahkota yang lebih kecil daripada daun kelopak. Pematangan buah Teratai terjadi di bawah permukaan air, berbeda dengan pematangan buah dari genus Nuphar yang terjadi di atas permukaan air.

Bagi anda yang pencinta tanaman hias bisa menjadikan tanaman ini sebagai salah satu tanaman hias di rumah. walaupun tidak memiliki kolam anda bisa menggunakan wadah atau pot besar bisa di jadikan media untuk menaruh tanaman teratai..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *