Bunga sedap malam

Bunga sedap malam

Bunga sedap malam

Bunga sedap malam

Bunga sedap malam merupakan salah satu tanaman hias yang sangat populer, sesuai dengan namanya bunga ini memiliki aroma yang sangat sedap dicium karena memberikan ketenangan dimana aroma yang dikeluarkan oleh bunga sedap malam tidak menyengat sama sekali.

Ada dua jenis sedap malam yang termasuk dalam kategori yang unggul ini, yakni sedap malam yang berasal dari daerah Pasuruan dan Cianjur. Dua jenis sedap malam ini sudah dikatakan unggul dalam skala nasional. Bunganya yang indah dan tentu wangi harumnya begitu sedap dan menyegarkan.

Bunga sedap malam dapat tumbuh di daerah dataran rendah dengan sangat baik. Klasifikasi ketinggian tempat untuk sedap malam Cianjur berbeda dengan sedap malam Pasuruan. Untuk sedap malam Cianjur ketinggian yang sangat cocok adalah sekitar 50 meter di atas permukaan air laut, sedangkan untuk sedap malam jenis pasuruan, akan dapat hidup dengan baik jika ditanam di tempat dengan ketinggian berkisar antara 100 meter hingga kurang lebih 600 meter di atas permukaan air laut. Jadi bagi anda yang tinggal di daerah rendah, memilih sedap malam sebagai tanaman hias adalah pilihan yang sangat tepat.

Pembibitan sedap malam dapat diawali dari umbi. Umbi didapat dari sedap malam yang sudah berumur kurang lebih satu setengah tahun. Sebelum ditanam, umbi terlebih dahulu dijemur di bawah terik matahari. Proses penjemuran dilakukan dalam kurun waktu tiga minggu untuk menghasilkan benih sedap malam yang baik. Setelah tiga minggu proses penjemuran, umbi jangan segera ditanam. Dibiarkan dulu hingga sebulanan.

Gunakan pot atau langsung pada tanah sebagai tempat menanam umbi sedap malam tadi. Jika langsung pada tanah, tanah tersebut harus sudah benar-benar bersih dari tanaman gulma atau rumput liar lainnya yang nantinya dapat mengganggu pertumbuhan sedap malam.

Untuk menanam, buat terlebih dahulu lubang-lubang dengan kedalaman sekitar lima senti meter. Setelah lubang siap, barulah masukan umbi-umbi sedap malam. Jangan lupa untuk menimbunnya kembali.

Ternyata, bunga sedap malam ini tidak hanya yang berbunga putih lho, ada juga bunga sedap malam yang memiliki bunga berwarna kuning serta merah. Menarik bukan? Warna dan bentuk bunga yang indah dikombinasi dengan harum semerbak menjadikan bunga sedap malam sebagai primadona di antara tanaman-tanaman hias lainnya.

Jika ingin menanam bunga sedap malam, pastikan pH tanah sebagai media tanam adalah antara 5 hingga 5,7. Jika sudah memenuhi syarat yang satu ini, maka tanaman sedap malam anda akan tumbuh dengan sempurna. Sebagai referensi perawatan sedap malam, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Jadwal untuk menyiram bunga sedap malam yang baik adalah dua kali penyiraman dalam satu hari. Dengan jadwal tersebut, penyiraman dilakukan saat pagi dan sore hari sehingga sedap malam akan tetap segar.
Untuk pemberian pupuk, dapat dilakukan dalam jangka waktu enam bulanan. Pupuk digunakan untu merangsang pertumbuhan tanaman sedap malam. Sehingga pertumbuhan sedap malam dapat terjadi lebih cepat sehingga dapat cepat berbunga pula.

Akses terhadap sinar matahari yang cukup juga akan sangat mendukung proses fotosintesis bagi tanaman bunga sedap malam.

Agar sedap malam dapat tumbuh dengan sangat optimal, anda juga perlu untuk melakukan penyiangan pada media tanamnya. Sehingga tidak ada saingan bagi sedap malam untuk mendapatkan unsur hara dari tanah yang akan sangat membantu proses tumbuhnya.