Bunga Sakura

Sakura, Bunga Sakura atau Cherry Blossom merupakan sebuah tanaman yang tumbuh dan bersemi disekitar Himalaya, Bangladesh dan Asia Timur seperti China, Jepang dan Korea Selatan. Jepang memiliki beberapa jenis bunga sakura, ada sekitar 305 jenis bunga sakura yang terdapat di Jepang. Beberapa jenis bunga sakura tersebut sudah digabungkan dengan beberapa jenis bunga lainnya sejak jaman dulu kala, sehingga saat ini Jepang memiliki banyak sekali jenis bunga sakura.

Jepang memiliki beberapa upacara atau acara yang ditiru dari China seperti festival bunga (hanami), dimana pada festival ini akan berkumpul beberapa bangsawan Jepang kala itu dibawah pohon Sakura untuk saling mengobrol. Tradisi ini masih tetap ada hingga sekarang, namun sudah menjadi untuk umum.

Festival bunga di Jepang diadakan pertama kali di Taman Shinsen-en Kyoto pada tahun 812. Awalnya bunga plum merupakan jenis bunga yang paling diminati di China, namun pada pertengahan abad ke-9 bunga sakura sudah menggantikannya dan menjadi sangat diminati di Jepang.

Festival bunga sakura ini paling diminati oleh para warga Jepang dan juga bagi para turis asing yang ingin melihat secara langsung bunga sakura dan menikmati indahnya bunga tersebut dibawah pohonnya untuk bersantai. Biasanya bunag sakura ini akan mulai mekar di sekitar daerah Okinawa pada bulan Januari. Untuk perfektur Tokyo dan Kyoto, bunga ini akan mulai nampak pada bulan maret dan april.

Festival bunga sakura ini memang sungguh indah dan pastinya menarik minat para pengunjung dan wisatawan untuk datang ke Jepang dan menikmati indahnya bunga sakura dan mengabadikannya dengan cara berfoto.

Budaya jepang sendiri memang sudah sangat kental bagi masyarakat disana, banyak turis-turis juga yang datang ke Jepang untuk melihat kebudayaan yang mereka miliki. Ditambah lagi dengan adanya festival bunga sakura, pastinya anda juga ingin menyaksikannya secara langsung indahnya bunga sakura.

Bunga sakura hanya memiliki rentang waktu selama 1-2 minggu untuk dapat dinikmati mekarnya.

Di Jepang, bunga sakura ini dibagi kedalam 3 golongan yaitu :

  • bunga tunggal dengan daun mahkota selapis
  • bunga ganda dengan daun mahkota berlapis
  • bunga semi ganda

Orang Jepang sendiri memanfaatkan bunga sakura ini untuk banyak hal, contohnya mereka menggunakan bunga sakura untuk membungkus kue Mochi karena harum dari bunga sakura ini akan meningkatkan rasa dari kue mochi tersebut.

Bunga sakura juga dipergunakan untuk bahan kecantikan, karena dipercaya dapat memperhalus dan memutihkan kulit layaknya para wanita Jepang yang memiliki kulit putih berseri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *