Bunga Matahari

Bunga Matahari

Bunga Matahari

Bunga Matahari

Bunga Matahari adalah salah satu jenis tanaman hias yang masuk kedalam kategori yang tidak perlu perawatan khusus, anda tidak perlu repot repot merawat tanaman ini setiap hari.

namun salah satu kelemahan tanaman ini adalah dia tidak dapat ditempatkan di dalam ruangan karena bunga ini sangat memerlukan sinar matahari yang cukup,

jadi bagi anda yang ingin menanam bunga ini ada baiknya jika rumah anda memiliki pekarangan yang lumayan luas agar bisa menanam tanaman ini, sehingga bunga ini dapat tumbuh dengan baik.

Cara menanam bunga matahari dapat menggunakan biji bunganya sebagai bibit. Sebelum biji-biji bunga matahari tersebut disemai, terlebih dahulu biji-biji tersebut harus dijemur di bawah sinar matahari langsung.

Proses ini dimaksudkan untuk membunuh jamur maupun bakteri yang menempel pada biji matahari tersebut. Nantinya, setelah melalui proses penjemuran biji bunga matahari ini akan melalui proses selanjutnya yaitu proses penyemaian.

Nah, untuk penyemaian ini, kita akan membutuhkan tanah sebagai media tanam. Pilih tanah yang gembur dan dapat pula tanah tersebut dicampur dengan pupuk kompos. Percampuran tersebut dapat menambah unsur hara yang akan sangat dibutuhkan untuk biji matahari tumbuh menjadi kecambah.

Setelah kecambah tersebut tumbuh dan memiliki tinggi sekitar tiga hingga lima senti meter dengan beberapa helai daun, maka itulah saatnya kita melanjutkan ke proses selanjutnya yaitu menanam bibit tersebut pada lahan yang sudah disiapkan sebelumnya. Ya, sebelum ditanami bibit bunga matahari, lahan harus dicangkul terlebih dahulu agar hamanya dapat sedikit berkurang.

Tanam bibit bunga matahari tadi pada lahan yang sudah disiapkan. Beri jarak beberapa senti antara satu bibit tanaman bunga matahari dengan bibit lainnya. Sehingga ketika masing-masing tanaman bunga matahari tersebut tumbuh tidak akan menghambat pertumbuhan bunga matahari yang berada di sekitarnya.

Bunga matahari selanjutnya dapat berbunga ketika sudah mencapai usia kurang lebih dua bulan. Hampir semua bunga matahari akan menghadap pada sumber cahaya matahari pagi ketika berbunga.

Bentuknya bulat dengan helaianan kelopak mengitari pusat bunga dengan warna kuning sedikit jingga yang mencolok menjadi ciri khas bunga matahari. Dan satu hal lagi, biji bunga matahari juga dapat dijadikan camilan yang enak. Biji bunga matahari atau biasa kita sebut dengan nama kuaci ini mengandung banyak vitamin serta protein nabati yang tentu saja menyehatkan.