Bunga Matahari

Bunga Matahari –┬áTanaman yang berasal dari Meksiko, daun tunggal lebar. Batang biasanya ditumbuhi rambut kasar, tegak, jarang bercabang. Bunga tersusun majemuk, bunganya berwarna kuning dan berukuran besar.

Bunga ini mempunyai perilaku selalu menghadap kearah matahari. Bunga matahari adalah tanaman asli dari Benua Amerika. Konon, tanaman ini sudah ditanam oleh orang-orang asli Amerika sejak ribuan tahun lalu. Bunga matahari mulai menyebar ke seluruh dunia sejak tahun 1500-an. Proses penyebaran itu dilakukan oleh para penakluk yang berasal dari Spanyol.

Bunga Matahari merupakan salah satu bunga yang terbilang nampak cantik dan sangat populer baik sebagai tanaman hias maupun penghasil minyak yang baik bagi kesehatan dan kecantikan.

Bunga matahari menyukai tanah yang subur dan hangat. Tumbuhan ini menyukai suasana yang cerah. Mengingat asalnya, tumbuhan ini cocok tumbuh pada tempat dengan iklim subtropik. Di daerah tropika hasilnya tinggi jika ditanam pada dataran tinggi.

Ada empat kelompok budidaya bagi bunga matahari yang dibedakan berdasarkan kegunaannya:

. Kelompok penghasil minyak, dimanfaatkan minyak bijinya. Biji kelompok ini memiliki cangkang biji yang tipis. Kandungan minyaknya berkisar 48% hingga 52%. Untuk menghasilkan satu liter minyak diperlukan biji dari kira-kira 60 tandan bunga majemuk.
. Kelompok pakan ternak, dipanen daunnya sebagai pakan atau pupuk hijau.
. Kelompok tanaman hias, yang memiliki warna kelopak yang bervariasi dan memiliki banyak cabang berbunga,
. Kelompok kuaci, untuk dipanen bijinya sebagai bahan pangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *