Bunga Mata Ayam

Bunga Mata Ayam

Bunga Mata Ayam

Bunga Mata Ayam

Bunga Mata Ayam atau Ardisia kadang disebut juga dengan nama mata pelanduk (Ardisia Crenata) Merupakan tanaman berbunga dari keluarga primrose yaitu primulaceae, berasal dari asia timur. di luar negeri tanaman ini disebut sebagai christmas berry , asutralian hollym coral bush, coral berry, coral ardisia, hen’s eyes atau spiceberry. memiliki tinggi bisa sampai 1 meter dengan daun tebal berwarna hijau gelap dan mengkilap.

Bunga mata ayam berukuran kecil dengan warna putih atau kemerahan dan berbau harum, tanaman ini juga memiliki buah yang unik yaitu buah kecil berwarna merah terang dan mengkilap, bunga mata ayam termasuk kedalam golongan buah drupe. (drupe berarti buah batu0 tanaman ini biasanya juga dipakai sebagai tanaman obat untuk menyembuhkan batuk, memperlancar peredaran darah, anti radang, dan anti racun.

karena warnanya yang unik karena terdapat campuran merah dari buah nya yang mengkilap serta warna hijau dari daunnya, dan memiliki manfaat pengombatan untuk beberapa penyaki, bunga ini kerap digunakan sebagai penghias ruangan di pekarang rumah.

tanaman ini cocok hidup di dataran rendah sampai dataran tinggi. bibit berasal dari stek, kebutuhan sinar matahari tanaman ini adalah sepanjang hari artinya anda harus selalu menjemur tanaman ini di pekarangan rumah anda atau meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Tanaman ini dapat ditanam dengan pot yang berdiameter 40 cm, dan akan tumbuh sampai dengan tinggi 30 sampai dengan 40 cm.tanaman ini juga banyak dijadikan tanaman bonsai karena keunikanya dengan cara melakukan pemangkasan rutin pada tanaman ini agar dapat menghasilkan tanaman kerdil dan ditempatkan di atas meja atau didalam ruangan.