Bunga Lavender

Bunga Lavender

Bunga Lavender

Lavender atau lavendel atau Lavandula adalah genus tumbuhan berbunga dalam suku Lamiaceae yang tersusun atas 25-30 spesies. Asal tumbuhan ini adalah dari wilayah selatan Laut Tengah sampai Afrika tropis dan ke timur sampai India Genus ini termasuk tumbuhan menahun, tumbuhan dari jenis rumput-rumputan, semak pendek, dan semak kecil. Tanaman ini juga tersebar di Kepulauan Canaria, Afrika Utara dan Timur, Eropa selatan (terutama Perancis selatan), Arabia, dan India; banyak darinya ditanam dan dikembangkan secara luas di iklim sedang sebagai tanaman hias, bahan kuliner, dan ekstrak minyak esensial untuk keperluan komersial.

Keunikan dari tanaman ini adalah terletak pada aroma yang dimilikinya. Aroma bunga lavender sangat harum dan sukar hilang, selain itu aroma bunga ini tidak disukai oleh nyamuk sehingga banyak yang menanam di sekitar rumah sebagai tanaman pengusir nyamuk. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di iklim tropis, sehingga sangat cocok bila ditanam di Indoneisa.

Bagi anda yang ingin menanam tanaman lavender ini anda bisa menggunakan bibit yang baik, kemudian anda semai dengan campuran tanah, pasir, dan sekam padi. Campur ketiga bahan tadi dengan perbandingan 1:1:1 dengan menumbuh waktu 1 bulan sampai benih tumbuh dengan sempurna. atau cara termudah dengan membeli benih -benih di penjual bunga atau tanaman. Proses pertumbuhan tanaman lavender ini harus mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

Agar bisa tumbuh dengan baik bunga lavender juga memerlukan perawatan. Untuk merawat tanaman ini tidak terlalu rumit, Anda cukup membersihkan tanaman gulma yang tumbuh di sekitar tanaman. Selain itu untuk menjaga kandungan unsur hara pada media tanam sebaiknya Anda memberikan pupuk kandang sebulan setelah masa tanam.

Selain itu lakukan penyiraman untuk menjaga agar media tanam tidak kering, tetapi jangan sampai terlalu lembab atau basah. Karena hal tersebut akan membuat akar tanaman cepat busuk. Bila Anda ingin memetik bunga lavender, lakukan dengan memotong tangkai bunga menggunakan gunting bunga atau pisau cutter yang tajam. Selain menjadi tanaman hias yang indah dan menghasilkan wangi yang cukup kuat tanaman ini biasa dipakai yntyk mengusir nyamuk, silahkan menanam tanaman ini di rumah anda dan rasakan beberapa manfaat dari Tanaman Lavender.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *