Bunga Lantana

Bunga Lantana

Bunga Lantana

Lantana merupakan spesies tumbuhan berbunga yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, tanaman ini memiliki bunga dengan beragam warna seperti putih, kuning, merah, ungu, pink kombinasi kuning putih hingga putih magenta, bunga lantana tumbuh secara bergerombol.

Warna bunga Lantana ini juga berubah megikut peringkat yaitu dari warna putih ke warna kuning, warna jingga ke warna merah dan warna pink ke warna merah tua. Perubahan warna ini berubah mengikut kondisi iklim. Perubahan ini hanya didapati di negara-negara beriklim lembap saja. Buahnya berbentuk tangkai, berwarna hijau, merah dan biru kehitaman mengikuti umur buah. Bunga Lantana sangat disukai serangga terutama kupu-kupu.

Cara pembiakan dan perawatan tanaman Lantana

1. Pembibitan
Pada tahap awal budidaya bunga “Lantana”, hal pertama yang dilakukan adalah pembibitan. Ada dua cara untuk membudidaya bunga cantik ini. Pertama adalah menyemai biji. Nah, biasanya ada biji yang sudah ada tinggal di semai lalu ditanam kembali setelah muncul tunas.
Cara budidaya bunga ” Lantana” yang kedua adalah dengan memutus rumpun induk dari tanaman induk. Kita harus hati hati saat memotongnya, jangan sampai akarnya rusak. Kalau rusak bisa jadi nanti mati dan tak bisa tumbuh dengan baik saat pembudidayaan bunga yang cantik ini.

2. Penanaman Bunga lantana
Untuk menghasilkan budidaya bunga “Lantana” yang subur, ada baiknya kita menyiapkan tanah dengan pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1. Hal ini agar keduanya seimbang. Ada baiknya saat menanam dilakukan hati – hati agar “Lantana” bisa tumbuh dengan baik.

3. Perawatan Harian
Kalau budidaya bunga “Lantana” sudah cukup baik kita tinggal mengatur jadwal penyiraman. Ada baiknya untuk menyiram saat sore saja atau ketika bunga “Lantana” akan layu.

Lantana sendiri sebenarnya memiliki dua jenis berbeda. Ada jenis yang menjuntai atau menjalar dan ada juga yang berbatang tegak. Keduanya tak kalah menarik saat di jadikan pemanis taman. Untuk jenis yang menjuntai bisa diandalkan untuk pengisi pot gantung atau juga diletakan di pot yang diletakan diarea yang tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *