Bunga Kamboja

Bunga Kamboja

Bunga Kamboja

 

Bunga ini sangat identik dengan hal-hal yang mistik dan mengerikan, namun sekarang ini bunga kamboja hadir sebagai tanaman yang mempunyai nilai estetika yang sangat tinggi. Ada beberapa jenis kamboja yang bisa dijadikan sebagai tanaman hias, salah satunya bunga kamboja jepang.

Menurut penyebarannya bunga ini berasal dari Amerika Tengah yang meliputi Equador, Colombia, Cuba, Venezuela dan Mexico. Namun kapan bunga ini masuk ke Indonesia diperkirakan dibawah masuk oleh bangsa Portugis dan Belanda. Bunga kamboja asli Indonesia ternyata juga ada dan yang menjadi ciri dari bunga kamboja Indonesia adalah yang berwarna putih dengan bagian dalam berwarna kuning dimana kuntumnya tidak terbuka penuh serta berukuran kecil. Bunga tumbuh subur didataran rendah sampai ketinggian 700 meter, namun secara umum tanaman ini dapat tumbuh pada semua tempat.

Bunga kamboja pada saat ini banyak ditanam sebagai tanaman hias ditaman dan juga bisa di jadikan tanaman pot, ada juga yang dijadikan tanaman bonzai yang sangat indah. Dalam membudidayakan tanaman ini ada beberapa acara dan cara ayang paling termudah adalah dengan cara di Stek Batang, dan perwatan tanaman ini pun tidaklah terlalu susah karena hanya butuh penyiraman teratur dan menerima banyak cahaya matahari secara langsung, tanaman ini bisa tumbuh dengan baik dan sempurna.

Ada beberapa Jenis Tanaman Kamboja
tanaman ini mempunyai beberapa jenis. setiap jenis mempunyai karateristik yang berbeda-beda, bahkan sebagian mempunyai warna bunga yang berbeda. Perbedaan lainnya bisa dilihat pada bentuk bunganya, ada yang memiliki mahkota bunga bertumpuk, ada juga yang mahkota bunganya menggulung. Selain itu ada bunga yang mempunyai aroma harum tetapi ada juga yang tidak mempunyai aroma. Berikut adalah beberapa jenis bunga kamboja yang sering dijumpai di Indonesia.

1. Adenium Obesum
Jenis bunga kamboja ini sering disebut dengan nama desert rose atau karoo rose, tanaman ini banyak ditemukan di daerah timur Afirika dan bagian Selatan Arabia. Saat ini bunga kamboja jenis ini sudah banyak dijumpai di Indonesia.
2. Adenium multiflorum
Tanaman ini bisa bertahan pada lingkungan yang dingin dan kering. Bunga kamboja yang kedua ini memiliki bentuk bunga yang paling indah dibandingkan dengan jenis yang lain. Bunga berbentuk bintang dengan warna merah tua di bagian petal, dan putih atau merah cerah di tengah-tengah petal.
3. Adenium swazicum
Dari semua jenis bunga kamboja, jenis ini termasuk yang paling mudah untuk dibudidayakan. Anda bisa menanamnya dengan cara mencangkok ataupun hanya dengan menanam bijinya. Kekurangan dari jenis swazium adalah pertumbuhan yang lambat sehingga butuh waktu yang cukup lama untuk bisa berbunga.
4. Adenium boehmianum
Spesies ini banyak tumbuh di daerah bebatuan. Tanaman ini mempunyai ciri khusus yakni mempunyai banyak cabang serta batangnya bisa tumbuh sampai 10 meter. Kamboja jenis ini banyak dijumpai di negara Anggola Selatan. Bentuk bunganya sama dengan kamboja jenis Adenium swazicum.
5. Adenium arabicum
Bunga kamboja jenis Adenium arabicum merupakan spesies yang sangat langka. Tanaman ini ditemukan tumbuh di daerah sekitar Semenanjung Arab dan Yaman. Adenium arabicum mempunyai bentuk yang sangat eksotik, dengan atang yang kuat dengan banyak cabang serta bunga dengan warna merah muda dan putih membuat tanaman ini diburu banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *