Bunga Edelweiss

Bunga Edelweiss

Bunga Edelweiss

Bunga Edelweiss

Bunga edellweiss adalah bunga yang tumbuhnya hanya didaerah pegunungan saja, banyak orang yang mempercayai bahwa bunga eldelweiss adalah simbol keabadian sehingga ketika seseorang memanjat gunung bunga eldelweiss banyak dibawa pulang sebagai oleh oleh, indonesia termasuk neagara yang memiliki banyak pegunungan sehingga tidak heran memiliki banyak jenis adelwess endemik.

edelweiss yang ada di indonesia memiliki nama latin anaphalis javanica, nama edelwess berasal dari bahasa jerman yang artinya putih dan mulia, bunga edelwess saat ini masuk kedalam kategori flora langka di indonesia sehingga akan sangat bagus bila kita bisa membudidayakannya di pekarangan kita.

Jika ingin menanam edelweiss di kebun rumah anda, anda perlu membeli bibit bunga edelweiss ini. Namun memang tidak semua toko tanaman hias menyediakan bibit tanaman bunga edelweiss ini. Anda dapat menggunakan bibit edelweiss yang sudah dalam bentuk pohon maupun yang masih berbentuk biji.

Dalam membudidayakan edelweiss, elemen yang paling penting adalah terletak pada tanah sebagai media menanam bunga abadi ini. Pilih tanah yang memiliki tingkat keasaman serta alkalin dalam kategori medium. Jika anda ingin menanam edelweiss dalam pot, akan lebih bagus jika media tanamnya menggunakan campuran tanah yang gembur, pasir serta pupuk kompos yang juga dapat meningkatkan tingkat kesuburan tanah. Begitu pula, media tanam yang merupakan tanah langsung, dibutuhkan unsur-unsur yang mirip dengan campuran yang digunakan untuk media edelweiss dalam pot.

Air maupun penyiraman bukan merupakan suatu yang penting dalam perawatan bunga edelweiss. Edelweiss ini terbiasa tumbuh di daerah yang diterpa banyak angin bahkan cenderung keadaan cuaca yang beku dan air sulit ditemui. Sehingga, tanah yang becek bukan merupakan tempat yang cocok bagi tumbuhnya bunga edelweiss. Di daerah tropis seperti Indonesia, kita mungkin akan sedikit kesulitan untuk menumbuhkan bunga edelweiss sebagai tanaman hias di rumah. Dibutuhkan tempat ataupun ruangan khusus untuk edelweiss agar ia dapat tumbuh. Atur sedemikian rupa agar ruangan bersuhu cukup dingin dan hindari panas matahari secara langsung.

Setelah beberapa bulan, edelweiss mungkin akan mati. Namun, jangan terlalu khawatir, edelweiss baru akan tumbuh di pot yang sama dimana edelweiss sebelumnya tumbuh. Jadi, tetap taruh pot tersebut di ruangan semula dan anda akan melihat edelweiss yang indah akan tumbuh kembali dari biji-biji bunga edelweiss yang sudah tersebar sebelumnya.