Bunga Anyelir

Bunga Anyelir

Bunga Anyelir adalah salah satu jenis tanaman yang sudah cukup lama hidup di indonesia, karena pada tahun 1987 bibit tanaman tersebut telah berhasil dibudidayakan, bahkan mengawali keberhasilan membudidayakan tanaman di bandung terutama didaerah kebupaten bandung barat.

Nama ilmiah bunga anyelir adalah dianthus vcaryophyllus yang sebenarnya nama dari seseorang ahli botani yang berasal dari negeri yunani. Namun, sebagian petani tanaman juga mengenalnya dengan sebutan teluki. Sebutan teluki dikenal dalam bahasa inggris yang merujuk kepada jenis varian bunga anyelir carnation.

Tanaman ini berasal dari kawasan Mediterania. Bunga anyelir memiliki warna yang terang dan berwarna-warni, sehingga sering digunakan sebagai hiasan. Ada dua jenis tanaman anyelir yaitu jenis satu bunga bagi setiap tangkai dan jenis `spray’, banyak bunga bagi setiap tangkai. Anyelir dapat hidup selama 18-20 bulan.

Namun untuk dapat tumbuh tegak ia harus diikat dengan penyokong. Garis pusat batang tanaman bunga anyelir dapat mencapai 1 cm. dan biasanya membengkak pada buku/ruas. Bunga anyelir yang bentuknya mirip bunga mawar, ternyata cukup menarik.

Bunga ini mempunyai warna beragam serhingga membedakannya dari bunga mawar yang biasanya memiliki warna merah dan putih. Beragamnya warna bunga anyelir, yang kadang-kadang juga menampilkan warna yang berbintik-bintik, menjadikan komoditas ini banyak dicari. Tetapi dari seluruh warna yang ada, yang paling menarik adalah warna merah panther dan kuning kunyit.

Bunga anyelir memberikan keindahan dari efek dari tekstur kelopak bunganya yang indah. Dengan kombinasi dari beberapa bunga anyelir yang dirangkai, akan menghasilkan rangkaian bunga yang indah dengan beraneka warna yang juga dapat disesuaikan dengan keinginan dan warna favoritmu.

Lebih sering digunakan sebagai bunga pendukung di antara rangkaian bunga-bunga pada buket mau pun karangan bunga, anyelir ternyata juga tidak kalah menarik jika dijadikan bunga utama dalam rangkaian bunga.

Tanaman bunga anyelir ini memiliki ciri bunbga yang daun majemuk memanjang, dan tajam, Spesifikasi bunga anyelir ada yang berkelopak tunggal dan ada yang ganda. Bentuk bunga anyelir tepi mahkota bergerigi, warna bunga putih atau merah muda. Perbanyakan tanaman dengan memisahkan anakan atau biji.

Tanaman tumbuh baik di dataran tinggi dan tanah yang subur. Habitat bunga anyelir adalah pada daerah dengan suhu sedang 20-27 derajat celcius dengan minim sinar matahari. Budidaya bunga anyelir ini dengan biji namun perbanyakan bunga anyelir juga bisa di lakukan melalui tunas yang ada pada ujung tangkai

Bunga anyelir mampu menangani suhu panas yang lembab, namun tidak akan bertahan dalam suhu dingin. Pada saat anda akan merawat bunga ini harap mengusahakan tingkat suhu, yang mana suhu yang baik untuk pertumbuhan bunga melati berada pada tingkatan 55 sampai 80 derajat Fahrenheit.

Tanaman anyelir sangat banyak membutuhkan air, terutama pada saat kuntum bunga akan atau sudah mekar. Cara terbaiknya adalah selalu menjaga tingkat kelembaban. dan cara yang paling mudah untuk menjaga kelembaban adalah menyiramnya setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *