Bambu kuning

Tanaman hias Bambu kuning

Pagar-Bambu-Kuning

Bambu Kuning adalah tanaman hias yang sering di jumpai di halaman rumah biasanya di taman belakang, sebagai penghias halaman sekaligus sebagai pagar pelapis seperti pagar besi, Bambu kuning biasanya di tanam supaya rumah memiliki kesan alami dan segar karena dapat menyaring polusi disekitar halaman yang ditanaminya.

Bambu kuning banyak peminatnya karena memiliki daya tarik dari bentuk yang menarik serta warna yang terbilang unik, namun salah satu daya tarik terbesar yaitu memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh manusia.

biasanya pada pengobatan china, bambu kuning sering digunakan untuk mengobati dan menyembuhkan infeksi. bambu kuning juga memiliki kandungan potassium yang rendah kalori serta memiliki rasa manis yang terkenal sebagai sumber protein dan nutrisi tubuh.

di India tepatnya di Yurveda, konkresi silicious dapat ditemukan pada batang bambu yang disebut blanslochan. Pada system pengobatan Indo Persia, blanslochan terkenal sebagai tabashir atau tashwir. Dikatakan bahwa konkresi ini dapat menjdi obat penguat pada penyakit pernapasan.

Tidak hanya itu, khasiat lain yang terkandung dalam bambu kuning adalah dapat digunakan sebagi bahan baku dalam pembuatan produk kosmetik dan obat-obatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bambu kuning.
Manfaat dan Khasiat Bambu Kuning

Makanan Vegetarian

Selain berfungsi sebagai tanaman hias, banyak masyarakat yang memanfaatkan tanaman ini sebagai makanan tambahan, semisal rebungnya sering dijadikan sayuran.

Obat penyakit Lever dan asam urat

Bambu kuning memiliki kandungan zat flavonoid, yang berfungsi sebagai obat penyakit lever. Menurut sinse Mochamad yusuf, ahli pengobatan Cina di Sukabumi, jawa barat, daun bambu yang ada di Indonesia dapat digunakan dan dimanfaatkan sebagai obat untuk meredakan asam urat.

Dengan sering mengkonsumsi daun bambu, maka akadar asam yang terdapat di dalam tubuh menurun, dikarenakan kandungan zat pada daun bambunya yang kaya flavon. Selain sebagai salah satu sumber antioksidan, flavon juga berperan dalam menghambat oksidasi xantin menjadi asam urat.

Pereda batuk

Dalam kitab Ming Yi Bie Lu (catatan dokter Ternama), manfaat dari daun bambau adalah untuk meluruhkan dahak, meredakan batuk, dan mengatasi susah napas. Khasiat lain dari bambu adalah menetralkan racun dalam tubuh. Di Cina, ekstrak dari daun bambu juga dimanfaatkan sebagai obat untuk melindungi jantung.

Mengatasi keputihan

Air yang dihasilkan dari bambu eul-eulmengandung mineral dan oksigen yang berkadar tinggi, sehingga sangat membantu bagi kaum wanita dalam menghilangkan keputihan.

Penghilang lemak dan kolesterol

Tanaman bambu banyak mengandung air mineral sehingga dapat digunakan untuk pengobatan alternative guna menghilangkan lemak dan kolesterol dalam tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *